Strategi Kebijakan Pembangunan Muna Barat, Kompleks Perkantoran Jadi Prioritas Utama

Putri Wulandari, telisik indonesia
Sabtu, 23 Juli 2022
0 dilihat
Strategi Kebijakan Pembangunan Muna Barat, Kompleks Perkantoran Jadi Prioritas Utama
Pembangunan gedung perkantoran Bumi Praja Laworuku dan masjid raya menjadi salah satu pembangunan prioritas Pj Muna Barat pada 2023. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Dalam Upacara perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Muna Barat ke-8, Penjabat Bupati Muna Barat, Bahri membeberkan strategi kebijakan pembangunan bagi Muna Barat "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Dalam Upacara perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Muna Barat ke-8, Penjabat Bupati Muna Barat, Bahri membeberkan strategi kebijakan pembangunan bagi Muna Barat.

Bahri menuturkan beberapa strategi kebijakan pembangunan dalam masa pemerintahannya dalam mendukung program-program pada tahun 2023 nanti ialah, ia akan melakukan penataan birokrasi melalui percepatan implementasi sistem murit pada manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) dengan dasar keadilan, kemampuan prestasi dan kinerja.

"Prioritas pada tahun 2023 yakni pembangunan gedung perkantoran Bumi Praja Laworoku dan masjid raya," tuturnya, Sabtu (23/7/2022).

Kemudian ia akan melakukan penataan sarana dan prasarana dasar dalam beberapa sektor, yakni sektor pendidikan, kesehatan, pertanian, peternakan, pekerjaan umum, sosial dan perlindungan masyarakat umum. Serta ia juga akan melakukan perlindungan sosial bagi seluruh lapisan masyarakat Muna Barat.

Ia akan mengupayakan tercapainya cakupan kesehatan yang menjamin seluruh lapisan masyarakat agar memiliki akses layanan kesehatan yang bermutu termasuk jaminan kesehatan nasional melalui BPJS kesehatan.

Selain itu, penanggulangan kemiskinan dengan memberikan BLT APBD bagi yang tidak tercover dalam BLT-DD, guna mengurangi beban masyarakat yang terdampak COVID-19.

Baca Juga: Hadiri HBA, Ketua DPRD Absen dalam Rapat Paripurna HUT Muna Barat

Sementara itu, Mantan Bupati Muna, Ridwan Bae menuturkan bahwa awal pemekaran suatu daerah agar mempercepat pertumbuhan pembangunan dari berbagai aspek, baik secara fisik maupun non fisik.

Ia juga mengungkapkan bahwa apa yang telah dipaparkan oleh Pj Bupati Muna Barat telah mencakup keseluruhannya dalam mengejar ketertinggalan pertumbuhan pembangunan di Muna Barat.

"Tinggal bagaimana direalisasikan dan ini tidak dapat dikerjakan dengan sendiri, sehingga dibutuhkan stakeholder, khususnya OPD terkait," ungkapnya.

Baca Juga: Perayaan HUT Muna Barat ke-8 Bernuansa Romantisme Historical

Anggota DPR RI fraksi Golkar ini menambahkan, dengan kekayaan yang melimpah seperti pertanian, perikanan, kelautan, serta fasilitas perhubungan, yakni bandara Sugimanuru serta pelabuhan Tondasi dapat menggenjot dan mendorong pertumbuhan ekonomi agar masyarakat sejahtera.

Muna Barat mekar bukan tanpa tujuan, diadakannya bandara dan pelabuhan Tondasi ialah modal dasar kesejahteraan masyarakat, dengan harapan pesawat serta kapal fery bukan hanya memuat penumpang melainkan kargo-kargo hasil pertanian, perikanan, dan juga komoditas lainnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Musdar

Baca Juga