Subsidi Motor Listrik Belum Diterapkan di Kota Kendari

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Senin, 20 Februari 2023
0 dilihat
Subsidi Motor Listrik Belum Diterapkan di Kota Kendari
Pajangan unit motor listrik di dealer Unifit Id Kendari. Foto: Adinda Septia Putri/Telisik

" Kabar baik bagi pecinta motor, Presiden Joko Widodo pasalnya akan memberi subsidi bagi para pembeli motor listrik sebesar Rp 7 juta per unit, dilansir dari Kompas.com "

KENDARI, TELISIK.ID - Kabar baik bagi pecinta motor, Presiden Joko Widodo pasalnya akan memberi subsidi bagi para pembeli motor listrik sebesar Rp 7 juta per unit, dilansir dari Kompas.com

Hal itu disinyalir demi melancarkan ekosistem kendaraan berlistrik untuk massal mengaspal di jalanan Indonesia.

Di Kota Kendari sendiri baru ada satu dealer yang menjual motor listrik yaitu Unifit Id yang terletak di Kelurahan Boengoya, Kecamatan Wuawua.

Salah satu officer di dealer tersebut, Ade Putri mengatakan, subsidi motor listrik masih belum berlaku saat ini, karena belum ada arahan teknis yang jelas dari kebijakan yang dikeluarkan Presiden tersebut.

Baca Juga: 5 Tips Membeli Motor Listrik

Sejak dibuka tahun 2019, pihaknya telah menjual ratusan unit motor listrik di Kota Kendari. Untuk tahun 2022 lalu, Unifit Id lebih banyak menjual motor listrik untuk pengadaan kendaraan dinas pemerintah daerah.

"Saya berharap setelah diterapkan subsidinya akan lebih banyak yang menggunakan motor listrik, karena kan lebih ramah lingkungan juga," ucapnya, Senin (20/2/2023).

Officer lain, Elen mengatakan, saat ini pihaknya sudah menjual hingga 6 jenis motor listrik dengan berbagai merek buatan lokal, seperti Gesits, Uwinfly T3, Uwinfly X6, Goda Golden Lion 200, Ecgo 5, dan Selis Neo Scootix Box.

Motor-motor tersebut dijual dengan rata-rata harga yang lebih murah dibanding motor BBM, yaitu mulai Rp 12 juta hingga Rp 35 juta saja.

Elen menambahkan, motor listrik lebih hemat di banding motor berbahan bakar minyak. Sekali pengisian listrik di motor listrik bisa memakan waktu 3-4 jam, namun jika di stasiun pengisian kendaraan listrik hanya memakan waktu sekitar 45 menit.

Dalam sekali pengisian, motor listrik bisa melaju hingga 60 kilometer, tergantung kapasitas baterai di motor tersebut.

Seorang pengendara motor berbahan bakar minyak, Jefri Siregar mengaku, belum tertarik untuk beralih ke motor listrik meski direncanakan akan ada subsidi.

Baca Juga: Pemerintah Akan Kucurkan Subsidi Motor Listrik hingga Rp 7 Juta

Karena menurutnya motor listrik belum banyak dipakai saat ini, sehingga belum menaruh keyakinan apakah motor tersebut lebih baik di banding motor BBM.

Percepatan program kendaraan bermotor listrik sudah digencarkan oleh pemerintah sejak keluarnya Perpres Nomor 55 Tahun 2019.

Di dalamnya pemerintah menarget kendaraan bermotor listrik berbasis baterai beroda dua penggunanya mencapai minimal 80 persen di tahun 2026. Sedangkan untuk roda empat ditarget 80 persen di 2030. (A)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga