Suka Begadang? Yuk Kenali Dampak Buruknya Bagi Kesehatan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 15 Oktober 2020
0 dilihat
Suka Begadang? Yuk Kenali Dampak Buruknya Bagi Kesehatan
Ilustrasi begadang. Foto: Repro google

" Apalagi begadang memiliki dampak buruk bagi kesehatan, makanya begadang tidak diperbolehkan, apalagi kalau tanpa keperluan yang mengharuskan Anda terjaga sampai larut malam. "

KENDARI, TELISIK.ID - Begadang merupakan satu kebiasaan yang cukup banyak dilakukan masyarakat. Namun yang disayangkan jika begadangnya itu diisi dengan kegiatan tak berarti.

Apalagi begadang memiliki dampak buruk bagi kesehatan, makanya begadang tidak diperbolehkan, apalagi kalau tanpa keperluan yang mengharuskan Anda terjaga sampai larut malam.

Lantas, apa saja dampak buruk begadang? Berikut beragam bahaya begadang bagi kesehatan yang dirangkum Telisik.id dari berbagai sumber.

1. Rentan mengalami kecelakaan

Kekurangan tidur menjadi satu faktor yang sebabkan banyak bencana besar dalam sejarah dunia, seperti kecelakaan nuklir di Three Mile Island, tumpahan minyak Exxon Valdez, serta peristiwa Chernobyl yang sampai dijadikan film itu.

Jika Anda kekurangan tidur, rasa kantuk sangat mungkin dirasakan. Akibatnya, kecelakaan di jalanan bisa saja terjadi, jika Anda mengantuk saat berkendara. Di Amerika Serikat saja, ada ribuan kecelakaan penyebab kematian karena pengendaranya mengantuk.

Studi juga menunjukkan, kurangnya jam dan kualitas tidur karena begadang, bisa menyebabkan kecelakaan dan cedera saat bekerja.

2. Sulit berkonsentrasi

Tidur yang baik bisa bermanfaat bagi proses belajar dan berpikir. Kekurangan tidur karena sering begadang, tentu dapat merusak keduanya.Kewaspadaan, konsentrasi, nalar dan kemampuan memecahkan masalah “dirusak” oleh begadang.

Selain itu, kurang tidur juga membuat Anda tidak bisa mengingat segala sesuatu yang Anda rasakan dan alami saat siang harinya.

Baca juga: Manfaat Bunga Putri Malu yang Tak Terduga

3. Memicu timbulnya penyakit serius

Efek begadang yang tak boleh dilupakan ialah "mengundang" penyakit. Kurang tidur karena sering begadang bisa menyebabkan penyakit serius menyerang tubuh. Beberapa penyakit mematikan yang bisa datang meliputi:

  1. Penyakit jantung
  2. Serangan jantung
  3. Gagal jantung
  4. Detak jantung yang tak tidak teratur
  5. Tekanan darah tinggi
  6. Stroke
  7. Diabetes

Agar terbebas dari penyakit mengerikan di atas, sebaiknya perbaiki pola tidur Anda dan kurangi begadang sebisa mungkin.

4. Menurunkan gairah seksual

Para ahli percaya, kurang tidur karena begadang bisa menurunkan libido serta mengurangi ketertarikan pada hubungan seksual. Energi yang terkuras dan rasa kantuk menjadi alasannya. Hal ini tidak hanya berlaku pada pria, tapi juga wanita.

5. Berisiko timbulnya obesitas

Kekurangan tidur memiliki efek yang sama dengan makan terlalu banyak dan jarang olahraga, yaitu meningkatkan risiko kelebihan berat badan alias obesitas.Sebab, tidur bisa berdampak pada tingkatan dua hormon, leptin dan ghrelin. Keduanya bertanggung jawab mengatur rasa lapar dan kenyang pada tubuh.

Jika Anda kurang tidur, maka kadar hormon leptin akan menurun, sehingga tubuh Anda bisa merasa lapar. Alhasil, makan berlebih pun tak terhindar.

Baca juga: Anda Pengidap Diabetes? Coba Konsumsi Obat Herbal Ini

6. Melemahkan sistem imun

Ketika Anda tertidur lelap, tubuh akan memproduksi sitokin, yang bisa membantu melawan bakteri dan virus.

Sitokin juga bisa membantu Anda mudah tertidur, sehingga sistem imun bisa memberikan energi agar tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Jika Anda kurang tidur, maka sistem kekebalan tubuh tidak bisa bekerja maksimal. Akibatnya, tubuh lebih mudah “dijajah” penyakit.

7. Penurunan produksi hormon

Efek begadang lainnya ialah turunnya produksi hormon. Hormon pertumbuhan hingga testosteron bisa terkena dampak buruk akibat kekurangan jam tidur.

Bagi pria, lemahnya testosteron bisa menyebabkan munculnya lemak, berkurangnya kekuatan dan massa otot, tulang yang rapuh, sampai mudah letih.

8. Meningkatkan risiko kematian

Dalam sebuah jurnal Whitehall II Study yang diteliti oleh para peneliti Inggris, ditemukan bahwa kekurangan tidur akibat begadang dapat meningkatkan risiko kematian. Mereka yang "memotong" jam tidurnya hingga 5-7 jam dalam satu malam juga meningkatkan risiko kematian akibat penyakit jantung.

9. Bikin pikun

Hati-hati, kekurangan tidur akibat begadang juga bisa menyebabkan Anda sering lupa alias pikun. Dalam sebuah studi, peneliti dari Amerika Serikat dan Perancis membuktikan bahwa kekurangan tidur akibat begadang dapat menyebabkan kepikunan atau sering lupa. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga