Sulkarnain Kadir Jawab Rumor Dana Kas Pemkot Kendari Kosong

Aris Mantobua, telisik indonesia
Rabu, 29 Juni 2022
0 dilihat
Sulkarnain Kadir Jawab Rumor Dana Kas Pemkot Kendari Kosong
Rumor kas dana Pemerintah Kota Kendari yang kosong dibantah langsung oleh Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir. Foto: Ist

" Rumor dana kas Pemerintah Kota Kendari kosong langsung dibantah oleh Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir. Politikus PKS ini menegaskan bahwa dana kas tidak kosong, hanya saja tidak sama dengan asumsi yang dicantumkan pada saat penyusunan APBD tahun 2022 "

KENDARI, TELISIK.ID - Rumor dana kas Pemerintah Kota Kendari kosong langsung dibantah oleh Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir. Politikus PKS ini menegaskan bahwa dana kas tidak kosong, hanya saja tidak sama dengan asumsi yang dicantumkan pada saat penyusunan APBD tahun 2022.

"Rumor tersebut tidak benar adanya. Kalau kosong gimana pemda akan bekerja?. Itu tetap ada, walau jumlah angkanya saat penyusunan APBD dengan realisasi yang ada berbeda dan lebih sedikit, sehingga perlu adanya penyesuaian," kata Sulkarnain, Rabu (29/6/2022).

Sulkarnain Kadir menegaskan, jika rumor tersebut benar maka sebagain pejabat lingkup Kota Kendari tidak akan menerima gaji.

"Sudah disiapkan, InsyaAllah tanggal 1 Juli nanti kita akan bayarkan gaji 13. Jadi itumi, kalau bilang dana kosong bagaimana kita akan bayarkan gaji 13 pejabat lingkup Pemerintah Kota Kendari. Kalau kosong berarti kita tidak bisa bayar kan?." jelasnya.

Sulkarnain melanjutkan, agar dalam memproses suatu informasi yang beredar di luar sana harus berdasarkan data.

Baca Juga: DPRD Sulawesi Tenggara Kembali Lakukan Tahapan Finalisasi Raperda

Terkait, bagi hasil dari penyusunan APBD dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara realiasasinya baru dibayarkan sebagian. Sebabnya, hasil dari penyusunan APBD bersumber dari pemerintah pusat dan pemerintah provinsi.

Baca Juga: Sisa Masa Jabatan 2 Bulan, Wali Kota Kendari Rombak Kabinet Besar-besaran

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Kendari, Ridwansyah Taridala mengatakan, proses penerimaan gaji 13 akan dibayarkan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Terkait pembayaran gaji yang tertunda ia menjelaskan tidak ada masalah akan hal tersebut.

"Tidak ada masalah. Saya monitor OPD-OPD terkait tentang itu, tidak ada masalah. Karena kalau ada masalah pasti itu menjadi prioritas kami. Dari kemarin kami telusuri tidak masalah pembayaran gaji yang tertunda. Dalam hal ini membatah rumor dana kas pemerintah Kota Kendari kosong," ungkapnya. (B)

Penulis: Aris Mantobua

Editor: Musdar

Baca Juga