Suporter Bersorban Bawa Poster Mesut Ozil Tirukan Pose Tutup Mulut Jerman

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Senin, 28 November 2022
0 dilihat
Suporter Bersorban Bawa Poster Mesut Ozil Tirukan Pose Tutup Mulut Jerman
Suporter membawa poster yang menampilkan mantan pemain Jerman Mesut Ozil saat pertandingan Spanyol melawan Jerman pada pertandingan Grup E Piala Dunia 2022 Qatar di Stadion Al Bayt, Al Khor, Qatar. Foto: Repro Reuters

" Saat pertandingan berlangsung, beberapa suporter mencuri perhatian di tribune. Sekumpulan fan dengan gamis putih dan penutup kepala menunjukkan foto mantan pemain Jerman, Mesut Ozil "

QATAR, TELISIK.ID - Bentrok antara Spanyol dan Jerman pada Senin (28/11/2022) dini hari WIB jadi salah satu laga yang ditunggu-tunggu di Piala Dunia 2022. Namun, suporter di Stadion Al Bayt, Al Khor, Qatar, melakukan protes kepada 'Der Panzer' di duel tersebut.

Saat pertandingan berlangsung, beberapa suporter mencuri perhatian di tribune. Sekumpulan fan dengan gamis putih dan penutup kepala menunjukkan foto mantan pemain Jerman, Mesut Ozil.

Selain foto Ozil, dilansir dari Kumparan.com, ada juga yang membawa sketsa mantan bintang Real Madrid itu. Yang paling menarik perhatian adalah para suporter tersebut juga melakukan gesture menutup mulut.

Gerakan yang terkoordinasi ini tampaknya sebagai respons atas sikap para penggawa Jerman saat melawan Jepang, Rabu (23/11/2022) lalu. Pada saat itu, pasukan Hansi Flick membuat gesture menutup mulut sebelum laga.

Baca Juga: Hasil Piala Dunia 2022: Spanyol Tahan Imbang Jerman, Pertarungan Grup E Makin Panas

Aksi tersebut dilakukan sebagai bentuk protes atas kebijakan FIFA yang tak memberikan izin kepada beberapa negara Eropa, termasuk Jerman untuk mengenakan ban kapten LGBT.

Sementara itu, aksi suporter di Stadion Al Bayt juga merujuk kepada perlakuan Jerman terhadap Ozil. Ozil mundur dari timnas setelah menjadi sasaran pelecehan rasialisme dan dijadikan kambing hitam kala Jerman tersingkir dari Piala Dunia 2018.

Baca Juga: Takraw Putri Muna Barat Tekuk Konawe Selatan dengan Skor 2-0

Ozil merupakan pemain kelahiran Jerman yang memiliki darah Turki. Pada saat itu, ia menuduh federasi, penggemar, dan media melakukan rasialisme terhadap orang-orang yang memiliki hubungan darah dengan Turki.

“Saya orang Jerman ketika kami menang, tetapi saya adalah imigran ketika kami kalah,” kata Ozil saat itu dikutip dari AP.

Serangan terhadap Ozil dimulai sebelum Piala Dunia 2018 di mana sang pemain berpose bersama Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. Serangan terhadapnya kian intens usai turnamen. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga