Tagar Shin Tae-yong Out Menggema Usai Indonesia Dihajar Vietnam 0-2

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 10 Januari 2023
0 dilihat
Tagar Shin Tae-yong Out Menggema Usai Indonesia Dihajar Vietnam 0-2
Shin Tae-yong disorot bahkan diminta untuk mundur oleh netizen usai kekalahan Timnas Indonesia dari Vietnam pada leg kedua Semifinal Piala AFF 2022. Foto: Repro Kompas.com

" Tagar itu menggema lantaran sebagian netizen benar-benar ingin Shin Tae-yong mundur dari pelatih Timnas Indonesia "

MANILA, TELISIK.ID - Timnas Indonesia gagal meraih tiket Final Piala AFF 2022 setelah dihajar oleh Vietnam dengan skor 0-2 di babak semifinal leg kedua yang berlangsung di Stadion My Dinh Filipina, Senin (9/1/2022) malam WIB.

Dilansir dari Suara.com jaringan Telisik.id, Skuad Garuda harus menelan pil pahit setelah kalah 0-2 dari Vietnam. Dua gol kemenangan Vietnam dicetak oleh Nguyen Tien Linh pada menit ke-3 dan 47. Timnas Indonesia pun tersingkir dengan agregat 0-2, setelah pada leg pertama babak semifinal di Stadion Gelora Bung Karno bermain imbang tanpa gol.

Usai kekalahan ini, #STYout pun menggemar di laman media sosial Twitter. Sejumlah netizen menuliskan tagar ini karena kecewa pada Shin Tae-yong. 

"Shin tae yong ngga punya taktik lain? Ga ada plan B udah ketinggalan 0-2? #shintaeyongout," tulis salah satu netizen. 

Baca Juga: Ini Syarat Indonesia Lolos ke Partai Final Piala AFF Hari Ini

Mengutip Cnnindonesia.com, tagar itu menggema lantaran sebagian netizen benar-benar ingin Shin Tae-yong mundur dari pelatih Timnas Indonesia. Sejumlah alasan menjadi faktor, salah satunya karena besarnya gaji pelatih asal Korea Selatan itu yang mencapai Rp 1 miliar per bulan, namun gagal memberikan prestasi.

Sementara itu sebagian warganet ingin ia mundur karena kasihan dengan karier pelatih 52 tahun tersebut. Shin Tae-yong dianggap memiliki kapasitas membuat tim lebih baik, akan tetapi karena kualitas pemain Indonesia yang 'terbatas' sehingga Skuad Garuda tetap jalan di tempat.

Baca Juga: Shin Tae Yong Siapkan Strategi Khusus Jelang Semifinal Leg Kedua Piala AFF 2022

Sejak direkrut PSSI pada akhir 2019, pencapaian Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia hanya sampai runner up Piala AFF 2020 dan medali perunggu SEA Games 2021. Selain itu ia juga membuat peringkat Timnas Indonesia dalam ranking FIFA meroket hingga ke posisi 151 dan membawa tim senior dan Indonesia U-19 lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

Berdasarkan statistik seperti dikutip dari Cnnindonesia.com, permainan Indonesia tidak terlalu buruk, karena penguasaan bola Skuad Garuda tidak berbeda jauh dengan Vietnam. Hanya saja transisi yang kurang bagus dari menyerang ke bertahan membuat Indonesia seperti mudah ditembus tuan rumah.

Ditambah lagi Skuad Garuda terlihat minim kreativitas dalam membongkar pertahanan Vietnam. Indonesia lebih sering menyerang dari kedua sayap yang sejatinya bisa dibaca lawan. Indonesia punya tujuh tembakan, namun tidak ada yang mengarah ke gawang Vietnam. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga