Tak Banyak yang Tahu, Pemutihan Pajak Kendaraan Kembali Diperpanjang

Febriyani, telisik indonesia
Rabu, 02 Agustus 2023
0 dilihat
Tak Banyak yang Tahu, Pemutihan Pajak Kendaraan Kembali Diperpanjang
Kantor Samsat Kabupaten Buton terlihat sepi, banyak masyarakat yang belum tau mengenai perpanjangan program pemutihan pajak kendaran. Foto: Febriyani/Telisik

" Pemutihan pajak kendaraan kembali diperpanjang hingga 30 September mendatang oleh Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi, melalui SK Nomor 268 Tahun 2023 "

BUTON, TELISIK.ID - Pemutihan pajak kendaraan kembali diperpanjang hingga 30 September mendatang oleh Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi, melalui SK Nomor 268 Tahun 2023.

Kepala UPTB Samsat Kabupaten Buton, L Muh Israt menerangkan, pada 31 Juli lalu, pihaknya mengadakan sweeping sekaligus sebagai sosialisasi kepada masyarakat jika pemutihan pajak kembali di perpanjang.

Olehnya itu, bagi masyarakat Buton yang belum menyelesaikan tunjangan pajak kendaraanya, baik roda dua maupun empat bisa ke kantor Samsat Buton di Jalan 25, Kelurahan Kombeli.

Baca Juga: Nelayan Lasalimu Selatan Buton Hilang, Perahu Ditemukan Mengapung di Perairan Buton Utara

"Kami mengikuti kebijakan dari gubernur untuk diperpanjang hingga September. Kami juga sudah melaksanakan sweeping, sekaligus kami sosialisasikan perpanjangan pemutihan pajak ini. Banyak masyarakat yang tidak tau dengan ini," ungkapnya, Rabu (2/8/2023).

Pihak Samsat belum bisa mempublikasikan total tunggakan pajak yang dikumpulkan sejak Mei-Juli. Namun untuk target di tahun 2023 ini sebesar Rp 12 miliar. Sedangkan total yang terkumpul dari Januari-Mei lebih dari Rp 6 miliar.

Berbeda dengan sebelumnya, kantor Samsat dipadati masyarakat yang antusias membayar tunjangan pajak kendaranya. Kini tak banyak yang tau mengenai perpanjangan program pemutihan pajak ini, hingga kantor Samsat terlihat sepi.

Baca Juga: Institut Teknologi Kelautan Buton Terima Mahasiswa Baru, Ini Persyatan dan Jurusanya

Seorang warga La Ode Harnia, mengaku belum mendapat info mengenai perpanjangan pemutihan pajak kendaraan. Ia mengaku terbantu dengan program pemutihan pajak kendaraan ini.

"Saya belum tau bahwa pemutihan pajak kembali diperpanjang. Saya datang mau bayar pajak kendaraan yang sudah jatuh tempo hari ini. Kemarin saya bawa tiga kendaraan saya yang sudah tunggak pajak beberapa tahun, bahkan satu itu sudah lima tahun tunggakanya. Jadi pemutihan ini sangat membantu kami," jelasnya. (B)

Penulis: Febriyani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga