Tak Disangka, Rumah Warga beserta Isinya Terbawa Banjir Bandang di Kolaka Utara

Muh. Risal H, telisik indonesia
Jumat, 18 Desember 2020
0 dilihat
Tak Disangka, Rumah Warga beserta Isinya Terbawa Banjir Bandang di Kolaka Utara
Adrian yang rumahnya hanyut terbawa banjir bandang hanya bisa pasrah. Foto: Muh. Risal/Telisik

" Waktu kejadian saya bersama anak dan istri saya tidak di rumah. Saya di rumah gunung bermalam sekaligus melihat kondisi kebun. "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Adrian, salah satu warga Desa Batu Ganda Permai yang berdomisili di Dusun I hanya bisa pasrah atas musibah yang menimpanya.

Dia tidak menyangka jika rumah semi permanen yang selama ini menjadi tempah berteduh bagi keluarganya, hanyut terbawa banjir bandang yang terjadi pada Kamis malam (17/12/2020) kemarin.

Pasalnya, rumah miliknya terbilang jauh dari sungai. Jaraknya sekitar 100 meter, kemudian di tepi sungai tempat rumahnya berdiri, juga ada tanggul penahan air.

Tidak hanya rumah, semua perabotan rumah, pakaian, satu unit motor dan pondasi rumah cakar ayam yang akan dibangunnya tahun depan juga ikut raib terbawa air.

Saat ditemui di lokasi bencana, pria kelahiran Camba, Kabupaten Maros ini mengatakan, pada saat banjir bandang menghantam rumahnya, ia bersama anak istrinya berada di salah satu kebun miliknya di gunung.

Baca juga: Peringati HUT ke-17, Arhawi Harap Wakatobi Menoreh Prestasi Kancah Internasional

"Waktu kejadian saya bersama anak dan istri saya tidak di rumah. Saya di rumah gunung bermalam sekaligus melihat kondisi kebun," katanya kepada Telisik.id, Jumat (18/12/2020).

Setelah banjir datang ia baru diberitahu warga lain untuk mengecek rumah. Setelah saya cek, rumah saya sudah terbawa banjir.

"Tidak ada yang bisa kami selamatkan pak, semua barang berupa pakaian, perabot rumah, cengkeh, merica, dan satu motor ikut hanyut terbawa banjir. Dan tersisa hanya pakaian di badan saja," terangnya.

Atas kejadian tersebut dirinya mengalami kerugian kurang lebih Rp 100 juta. Ia pun berharap ada bantuan dari pemerintah daerah Kolaka Utara untuk meringankan beban yang mereka alami saat ini. (B)

Reporter: Muh. Risal

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga