Tak Hadiri Pendaftaran, Rajiun Dikabarkan Sakit

Sunaryo, telisik indonesia
Minggu, 06 September 2020
0 dilihat
Tak Hadiri Pendaftaran, Rajiun Dikabarkan Sakit
Balon Wabup, La Pili hadir sendiri saat pendaftaran ulang di KPU Muna, Sabtu (5/9/2020). Foto: Ist.

" Saat pendaftaran memang benar, hanya dihadiri pak La Pili selaku balon wakil bupati. Sementara pak Rajiun dikabarkan sedang sakit dan memberi mandat pada LO-nya. "

MUNA, TELISIK.ID - Pasangan Bakal Calon Kepala Daerah (Bacakada) Muna, LM Rajiun Tumada-La Pili (RAPI) melakukan pendaftaran ulang di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muna, Sabtu (5/9/2020).

Pasangan RAPI harus mendaftar ulang karena pada saat mendaftar hari Jumat (4/9/2020), berkasnya belum memenuhi syarat, lantaran dokumen asli B1-KWK dari Partai Hanura tidak disertakan.

Saat pendaftaran ulang, LM Rajiun Tumada selaku balon bupati, tidak hadir. Hanya, La Pili bersama LO dan partai koalisi yang mendampingi saat proses pendaftaran dan verifikasi keabsahan berkas syarat calon dan pencalonan.

Usut punya usut, ternyata Rajiun tidak hadir dikarenakan lagi sakit. Hal tersebut dibuktikan dengan surat keterangan sakit yang dikeluarkan instansi terkait. Rajiun pun memberikan mandatnya pada LO.

Baca juga: Jelang Deklarasi HATI, Umar Samiun Bertandang ke Wakatobi

"Saat pendaftaran memang benar, hanya dihadiri pak La Pili selaku balon wakil bupati. Sementara pak Rajiun dikabarkan sedang sakit dan memberi mandat pada LO-nya," kata Al Abzal Naim, Ketua Bawaslu Muna.

Pria yang kerap disapa Bram itu mengaku, saat pasangan RAPI mendaftar pada tanggal 4-6 September,  belum melampirkan hasil pemeriksaan swab dengan alasan belum dikeluarkan dari instansi terkait.

"Hasil swab-nya belum ada," sebutnya.

Kendati demikian, pendaftaran Bacakada RAPI diterima dan dinyatakan memenuhi syarat.

Sekedar diketahui, hari pertama pendaftaran pada Jumat (4/9/2020), Rajiun hadir di KPU. Kehadiran mereka dikawal ribuan pendukungnya.

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga