Tak Hanya Wanita, Kenali Masa Subur Pria Agar Program Hamil Sukses

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Senin, 20 Maret 2023
0 dilihat
Tak Hanya Wanita, Kenali Masa Subur Pria Agar Program Hamil Sukses
Masa subur tak hanya dimiliki oleh wanita, pria pun punya masanya saat memproduksi kualitas maksimal sperma. Foto: Id.theasianparent.com

" Jika Telisiker pasangan suami istri yang sedang merencanakan kehamilan, maka perlu salah satunya memperhatikan masa subur. Ternyata bukan hanya wanita yang punya masa subur pria pun punya periode waktu tertentu untuk memproduksi banyak sperma "

KENDARI, TELISIK.ID - Jika Telisiker pasangan suami istri yang sedang merencanakan kehamilan, maka perlu salah satunya memperhatikan masa subur. Ternyata bukan hanya wanita yang punya masa subur pria pun punya periode waktu tertentu untuk memproduksi banyak sperma.

Jika masa subur wanita dilihat berdasarkan masa pematangan sel telur, masa subur pria dilihat berdasarkan jumlah sprema yang dihasilkan paling banyak. Lantas faktor apa yang mempengaruhi kesuburan pria?

Musim Dingin

Dilansir dari Haibunda.com, musim dingin menjadi masa paling subur dari pria. Bulan-bulan yang lebih dingin seperti musim dingin menjadi masa paling subur bagi pria berdasarkan produksi sperma. Ada beberapa teori tentang mengapa hal ini terjadi.

Baca Juga: 5 Dampak Berlebihan Main Smartphone Bagi Kesehatan Mental

Salah satunya teori bahwa musim dingin membuat cuaca lebih dingin yang mendukung produksi sperma. Untuk itu, anda disarankan sering berhubungan seks terutama saat sedang masa ovulasi selama musim dingin atau di Indonesia saat musim hujan.

Pagi Hari

Selain musim dingin, masa subur pria bisa terjadi pada pagi hari. Teori pagi hari dianggap paling subur karena pria umumnya menjadi tulang punggung keluarga. Pria bekerja seharian dan seks menjadi hal terakhir dalam pikiran mereka sehingga sering terjadi malam hari.

Sementara pagi hari saat pria cukup istirahat menurut ilmu pengetahuan merupakan waktu di mana tingkat produksi sperma paling tinggi. Pagi hari juga merupakan waktu saat kadar testosteron paling tinggi.

Baca Juga: 6 Penyebab Orang Sering Kentut yang Perlu Diketahui

Umur

Dikutip dari Merdeka.com, diskursus mengenai pria yang dianggap tidak memiliki batas masa subur dan dapat membuahi sel telur hingga usia berapa pun bukanlah hal yang benar adanya. Faktanya, masa subur pria sangat dipengaruhi oleh usia.

Memang pada beberapa kasus, ada contoh pria lanjut usia yang bisa membuahi sel telur dengan sukses. Namun hal ini tak sering terjadi dan ada banyak faktor penunjang yang ikut berperan di dalamnya.

Diketahui, kualitas sperma pria yang paling baik berada di rentang usia 30-35 tahun. Memasuki usia 40 tahun, kualitas sperma akan menurun secara drastis dan kala menginjak usia 55 tahun, kualitas sperma berada dalam kondisi yang paling buruk. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga