Mengapa Sinar Matahari Baik Bagi Kesehatan Tulang? Simak Penjelasannya

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Sabtu, 06 Agustus 2022
0 dilihat
Mengapa Sinar Matahari Baik Bagi Kesehatan Tulang? Simak Penjelasannya
Jika tubuh memperoleh sinar matahari yang cukup, Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat, seperti menurunkan risiko terkena penyakit tulang, dan kanker jenis tertentu. Foto: Repro Katadata.com

" Vitamin D diperlukan untuk tulang dan otot yang kuat. Tanpa vitamin D, tubuh tidak dapat secara efektif menyerap kalsium, yang penting untuk kesehatan tulang "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebagian besar orang tentu berpikir bahwa terkena paparan sinar matahari terlalu banyak akan memberikan beberapa dampak pada kulit seperti kulit menjadi hitam dan juga kering sehingga tidak sehat.

Namun, jika terkena paparan sinar matahari dalam jumlah yang tepat, tentu akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Salah satunya, dapat menyehatkan tulang karena paparan sinar matahari membantu produksi vitamin D di dalam tubuh.

Mengutip dari Sehatq.com, vitamin D merupakan jenis vitamin yang secara alamiah ada di dalam tubuh, tetapi harus diaktifkan agar dapat menjalankan tugasnya sebagai aktor metabolisme kalsium, sistem saraf, maupun sistem imun.

Jika jenis vitamin lain, seperti vitamin A, B, C, dan E bisa didapat dari makanan, maka vitamin D hanya bisa diperoleh melalui paparan sinar matahari dan konsumsi suplemen. Radiasi UVB yang masuk lewat kulit akan mengaktifkan vitamin B yang ada pada tubuh lewat proses fotosintesis.

Proses ini sangat tergantung pada banyak hal, misalnya jumlah lapisan baju yang dikenakan saat berjemur, kadar lemak di lapisan kulit, penggunaan tabir surya, dan pigmen melanin pemberi warna pada kulit.

Baca Juga: Benarkah Air Kelapa Dapat Atasi Alergi? Ini Penjelasannya

Selain itu, lamanya waktu berjemur juga sangat memengaruhi manfaat sinar matahari yang Anda dapatkan.

Dikutip dari Kompas.com, vitamin D memiliki banyak fungsi penting bagi tubuh di antaranya:

* Mendukung kesehatan tulang

* Mengelola kadar kalsium

* Mengurangi peradangan

* Mendukung sistem kekebalan tubuh dan metabolisme glukosa

Vitamin D diperlukan untuk tulang dan otot yang kuat. Tanpa vitamin D, tubuh tidak dapat secara efektif menyerap kalsium, yang penting untuk kesehatan tulang.

Anak-anak yang kekurangan vitamin D lebih berisiko mengembangkan kondisi yang disebut rakhitis yang menyebabkan kelemahan tulang, kaki bengkok, dan kelainan bentuk tulang lainnya, seperti postur bungkuk.

Baca Juga: Waspada, Ini 8 Gejala Cacar Monyet yang Wajib Diketahui

Dikutip dari American Academy of Orthopaedic Surgeons (AAOS), vitamin D sebenarnya bukanlah vitamin.

Karena tubuh manusia dapat membuat vitamin D di kulit ketika terkena sinar matahari yang cukup, vitamin D dianggap sebagai hormon.

Selain melalui paparan sinar matahari, asupan vitamin D juga dapat diperoleh dari makanan dan suplemen.

Beberapa makanan yang mengandung vitamin D adalah ikan trout pelangi, jamur putih mentah, telur ayam, susu kedelai, almond, dan oat. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga