Taliban Diduga Tembak Mati Wanita yang Tak Pakai Burqa

Kardin, telisik indonesia
Jumat, 20 Agustus 2021
0 dilihat
Taliban Diduga Tembak Mati Wanita yang Tak Pakai Burqa
Taliban melarang wanita di Afghanistan untuk keluar rumah tak pakai burqa dan didampingi oleh pasangannya. Foto: Repro Republika.co.id

" Taliban diduga menembak mati seorang wanita di Provinsi Takhar setelah wanita tersebut keluar di depan umum tanpa mengenakan burqa. "

KENDARI, TELISIK.ID - Taliban diduga menembak mati seorang wanita di Provinsi Takhar setelah wanita tersebut keluar di depan umum tanpa mengenakan burqa.

Peristiwa itu terjadi pada hari yang sama ketika Taliban berjanji menghormati hak-hak wanita, pada 17 Agustus 2021.

Sebuah foto yang beredar di media sosial Afghanistan memperlihatkan seorang wanita di distrik Taloqan, Provinsi Takhar, terbaring dalam genangan darah. Di sisinya orang tua dan beberapa orang lainnya berjongkok. Dilansir dari Fox News yang dikutip Tempo.co, wanita tersebut ditembak dan dibunuh karena keluar tanpa burqa.

Pada hari yang sama, juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid menggelar konferensi pers pertama yang menyatakan kelompok ini akan menghormati hak-hak perempuan dalam hukum syariah.

Dia juga menawarkan amnesti kepada warga Afghanistan yang telah bekerja untuk lembaga asing yang didukung Amerika Serikat.

Baca juga: Begini Suasana Ibu Kota Afghanistan Setelah Berhasil Dikuasi Kelompok Taliban

Baca juga: Mengapa Taliban Ingin Kuasai Afganistan dan Siapa Mereka? Ini Sejarahnya

Ia menegaskan bahwa di bawah pemerintahan Taliban, semua perempuan diperbolehkan untuk pergi bekerja dan mengenyam pendidikan.

"Perempuan akan menerima semua hak-hak mereka, terlepas apakah itu dalam hal pekerjaan atau aktivitas lain. Ini dikarenakan perempuan adalah bagian kunci dari sebuah masyarakat," kata Zabihullah dikutip dari medcom.id.

Sebelum invasi AS yang menggulingkan pemerintah Taliban pada 2001, kelompok itu sangat membatasi kebebasan perempuan. Mereka tidak diperbolehkan belajar dan bekerja. Kaum wanita juga dilarang keluar rumah tanpa ditemani oleh pendamping laki-laki.

Taliban mewajibkan pula para perempuan Afghanistan untuk mengenakan burqa, pakaian yang menutupi seluruh tubuh dari kepala hingga kaki. Mata pemakainya pun tidak dapat terlihat karena telah dilapisi oleh jaring.

Taliban akan menghukum perempuan yang mencoba bekerja atau tidak menggunakan burqa dengan cara mencambuk mereka di depan publik. (C)

Reporter: Kardin

Editor: Haerani Hambali 

Artikel Terkait
Baca Juga