Tanaman Hias yang Cocok Ditempatkan di Jendela

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 25 Juni 2023
0 dilihat
Tanaman Hias yang Cocok Ditempatkan di Jendela
Begonia grandis adalah spesies tumbuhan yang tergolong ke dalam famili Begoniaceae yang cocok diletakkan di jendela. Foto: Repro Gardenia.net

" Tidak semua tanaman cocok disimpan di dekat jendela. Anda harus memilih tanaman yang menyukai sinar matahari berlimpah ketika menempatkan tanaman di dekat jendela "

KENDARI, TELISIK.ID - Menempatkan tanaman hias perlu pertimbangan tertentu. Selain menambah keindahan rumah, penempatan tanaman hias juga membuat rumah terlihat tertata rapi.

Anda harus memilih tanaman yang menyukai sinar matahari berlimpah ketika menempatkan tanaman di dekat jendela. Pasalnya, tanaman yang tidak membutuhkan terlalu banyak sinar matahari bisa layu jika didekatkan dengan jendela atau sudut rumah yang terekspos cahaya matahari.

Berikut tanaman yang cocok disimpan di dekat jendela, antara lain:

1. Begonia

Melansir Kompas.com, cane begonia dan rhizomatous begonia bisa menjadi pilihan. Lisa Eldred Steinkopf, Houseplant Guru, mengatakan, cane begonia dapat menerima sinar matahari langsung, bahkan dari paparan sinar matahari selatan.

Ia menambahkan, pencahayaan timur dengan cahaya pagi yang lembut untuk varietas rhizomatous dan pencahayaan barat untuk jenis cane begonia akan memastikan mekarnya kedua jenis tanaman tersebut.

Baca Juga: Ini Tanaman Aromaterapi Alami, Bikin Ruangan Harum hingga Hilangkan Stres

“Bingung dengan kebutuhan penyiraman begonia adalah alasan utama kegagalan dalam menanam tanaman ini. Siramlah tanaman secara menyeluruh hingga air keluar dari lubang drainase. Biarkan tanaman menjadi kering satu atau dua inci sebelum disiram lagi,” katanya.

2. Cape primrose

Tanaman bunga ini memiliki warna berkisar dari merah muda dan ungu hingga kuning dan putih, dengan kombinasi di antaranya. “Berikan cape primrose lokasi yang terang, tetapi tidak terkena sinar matahari penuh, yang dapat membakar daunnya,” kata Steinkopf. Ia melanjutkan, ambang jendela timur atau barat akan sempurna untuk membuat tanaman ini mekar.

3. Lidah buaya

Dikutip dari Merdeka.com, lidah buaya merupakan tanaman serbaguna yang bisa tumbuh dengan mudah, tahan panas, dan tahan kekeringan. Tanaman ini sangat mudah tumbuh dan tidak memerlukan perawatan khusus. Lidah buaya bisa diletakkan di pinggir jendela atau digantung pada pot gantung.

Tanaman ini juga bermanfaat untuk membersihkan udara. Letakkan lidah buaya di kamar tidur. Tanaman ini akan menyerap partikel dari cat dan cairan pembersih ruangan dengan baik.

4. Croton

Croton atau puring merupakan tanaman hias yang sering ditemui di taman. Tanaman ini termasuk jenis perdu yang memiliki bentuk dan warna daun bervariasi. Mulai dari hijau, kuning, jingga, merah, hingga ungu. Tanaman hias ini cocok ditempatkan di dekat jendela rumah.

Baca Juga: Deretan Tanaman Ini Bisa Kurangi Kelembapan Dalam Rumah

Puring cukup disirami saat permukaan tanahnya sudah kering. Tanaman puring membutuhkan suhu hangat untuk tumbuh subur dan mungkin akan mati jika suhu turun di bawah 15 derajat celcius.

5. Sukulen tasbih

Jenis sukulen lain yang bisa ditanam di dekat jendela adalah sukulen tasbih atau String of Pearls. Tanaman ini termasuk jenis sukulen dengan batang panjang dan daun mirip butiran tasbih yang menjulur ke bawah.

Sukulen tasbih menyukai cahaya tidak langsung yang berlimpah, tanah berpasir, dan penyiraman sesekali. Tanaman ini juga sangat mudah dibiakkan dengan cara stek batang. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga