Tanaman Obat Ada di Taman Kebun Raya Kendari

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 26 Juni 2021
0 dilihat
Tanaman Obat Ada di Taman Kebun Raya Kendari
Berbagai jenis tanaman yang ada di taman Kebun Raya Kota Kendari. Foto: Arman/Telisik

" Kebun Raya Kota Kendari menjadi salah satu objek wisata yang ada di ibu kota Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), yang menjadi pilihan masyarakat saat menikmati akhir pekan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Kebun Raya Kota Kendari menjadi salah satu objek wisata yang ada di ibu kota Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), yang menjadi pilihan masyarakat saat menikmati akhir pekan.

Kebun Raya Kota Kendari ini memiliki luas kurang lebih 96 hektar. Di tempat wisata ini, juga memiliki berbagai fasilitas yang bisa digunakan dan dimanfaatkan masyarakat, seperti gazebo, aula, taman, dan sebagainya.

Kepala UPTD Kebun Raya Kota Kendari, Irawan SP mengatakan, taman yang ada di dalam Kebun Raya ini terdapat 20 jenis tanaman yang bisa digunakan sebagai obat-obatan.

Baca juga: Munas Kadin, Mata Dunia Tertuju pada Kota Kendari

Baca juga: Protokoler Presiden Tiba di Kendari, Munas Kadin Kantongi Izin Satgas dan Pemprov

Hanya saja, kata dia, saat ini yang tersisa tinggal sekitar 16 jenis tanaman. Hal tersebut karena ada saja pengunjung yang mengambil tanaman yang dilestarikan di taman Kebun Raya Kota Kendari.

"Ada 20 jenis tanaman, namun cuma yang tertinggal hanya sekitar 16 jenis tanaman yang bisa digunakan sebagai obat-obatan," katanya, belum lama ini.

Olehnya itu, Irawan berharap agar warga masyarakat Kendari dan sekitarnya yang berkunjung ke Kebun Raya agar bisa ikut serta menjaga kelestarian tanaman.

"Dengan menjaga kelestarian tanaman ini diharapkan dapat diketahui orang, lalu dimanfaatkan oleh orang yang menang betul-betul membutuhkan," pungkasnya. (B-Adv)

Reporter: Fitrah Nugraha

Baca Juga