Tandatangani Pakta Integritas, PKS Serahkan B1-KWK ke 19 Paslon di Jatim

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Sabtu, 29 Agustus 2020
0 dilihat
Tandatangani Pakta Integritas, PKS Serahkan B1-KWK ke 19 Paslon di Jatim
Suasana penyerahan formulir B1-KWK ke 19 Paslon di Jatim. Foto: Try Wahyudi Ari Setyawan/Telisik

" Harus jelas dan terukur programnya. Sehingga Pilkada dengan anggaran yang besar dan resiko dalam masa pandemi ini, bisa tercapai tujuannya yaitu meningkatkan kesejahteraan rakyat. "

SURABAYA, TELISIK.ID - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah menyelesaikan seluruh rekomendasi pencalonan menjelang dibukanya tahap pendaftaran Pilkada serentak untuk 19 kabupaten/kota di Jawa Timur (Jatim).

DPP PKS menggelar konsolidasi nasional pemenangan Pilkada 2020 dengan mengundang Paslon kepala daerah yang diusung dan didukung PKS.

Ketua DPW PKS Jatim, Irwan Setiawan mengatakan, pihaknya telah memberikan formulir B1-KWK yang telah ditandatangani Presiden dan Sekjen PKS ke pada DPW.

"Pada kesempatan ini, kami serahkan formulir tersebut ke pada para calon, agar bisa segera digunakan sebagai kelengkapan pendaftaran ke KPU," ujar Irwan di Surabaya, Sabtu (29/8/2020).

Dibeberkan oleh Irwan, sebelum menerima rekomendasi, para calon kepala daerah dan wakil kepala daerah diminta membaca ikrar dan menandatangani pakta integritas di atas kertas bermaterai.

Baca juga: PKS Serahkan Formulir B1-KWK pada Tujuh Paslon di Sultra

Dalam pakta integritas itu, kata Irwan, disebutkan komitmen para calon kepala daerah untuk memenangkan Pilkada dengan penuh kehormatan, keberkahan dan bermartabat. Juga bersungguh-sungguh menghindari pelanggaran norma agama dan hukum serta nilai etika yang berlaku dalam NKRI.

Selain itu katanya, para calon kepala daerah ini agar bersungguh-sungguh menunaikan semua tugas dan fungsi kepala daerah/wakil kepala daerah dan menolak segala bentuk perilaku koruptif.

Di samping itu, para calon kepala daerah juga diminta berkomitmen bersama PKS menjaga kedaulatan bangsa demi terwujudnya Indonesia yang adil dan sejahtera dalam bingkai NKRI, sesuai Pancasila dan UUD'45.

"Alhamdulillah semua calon bersedia berikrar dan menandatangani pakta integritas. Memang komitmen calon kepada NKRI, penegakan hukum, pencegahan korupsi, peningkatan kesejahteraan rakyat, serta menjaga nilai dan budaya, menjadi landasan kami dalam menentukan calon yang diusung atau didukung," ujar Irwan.

Irwan menambahkan, yang tak kalah penting adalah visi misi dan program calon dalam memajukan daerahnya.

Baca juga: KPU Sultra akan Gelar Simulasi Pemungutan Suara dengan Protokol COVID-19

"Harus jelas dan terukur programnya. Sehingga Pilkada dengan anggaran yang besar dan resiko dalam masa pandemi ini, bisa tercapai tujuannya yaitu meningkatkan kesejahteraan rakyat," terangnya.

Sementara itu, Ketua Bidang Pemenangan Pemilu dan Pilkada (BP3) DPW PKS Jatim, Mashuri Harianto menyampaikan, total 14 kabupaten/kota sudah diserahkan SK B1-KWK. Satu kabupaten sudah keluar SK DPP, satu kabupaten masih menunggu proses di DPP.

Sedangkan tiga kabupaten, di mana PKS tidak memiliki kursi DPRD, dua di antaranya sudah mengeluarkan SK dukungan dan satu masih dalam proses.

Mashuri juga menyatakan, setelah tahapan pendaftaran ini, seluruh kader dan jajaran struktur PKS hingga tingkat ranting akan All Out memenangkan Paslon.

"Kami sudah beberapa kali melakukan Rapat Koordinasi dengan DPD dalam rangka menyiapkan pelatihan penggalangan suara, pelatihan kampanye dan pelatihan saksi. Modelnya tentu kami sesuaikan dengan era pandemi. Sehingga setelah kepastian calon ini, semua kader PKS siap bergerak dan masuk menjadi tim besar pemenangan Paslon," pungkas Anggota DPRD Jember ini.

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin

Baca Juga