KPU Sultra akan Gelar Simulasi Pemungutan Suara dengan Protokol COVID-19

Siswanto Azis, telisik indonesia
Sabtu, 29 Agustus 2020
0 dilihat
KPU Sultra akan Gelar Simulasi Pemungutan Suara dengan Protokol COVID-19
KPU RI gelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pilkada serentak. Foto: Repro Media Indonesia

" Pada dasarnya, KPU Sulawesi Tenggara beserta tujuh KPU kabupaten yang tahun ini menggelar Pilkada, siap menggelar kegiatan serupa. "

KENDARI, TELISIK.ID - Komisioner KPU Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Iwan Rompo Banne menyatakan, KPU RI telah menyelenggarakan simulasi pemungutan suara Pilkada serentak 2020.

KPU Sultra akan melakukan simulasi serupa di 7 daerah yang akan menggelar Pilkada di Sulawesi Tenggara. Tujuh daerah itu adalah Konawe Selatan, Konawe Utara, Kolaka Timur, Konawe Kepulauan, Buton Utara, Wakatobi dan Muna.

"Pada dasarnya, KPU Sulawesi Tenggara beserta tujuh KPU kabupaten yang tahun ini menggelar Pilkada, siap menggelar kegiatan serupa," terangnya kepada Telisik.id, Sabtu (29/8/2020).

Lebih lanjut, Iwan Rompo Banne yang turut hadir dalam simulasi yang diselenggarakan KPU RI mengatakan, simulasi tersebut diperlukan untuk mengetahui kesiapan KPU kabupaten penyelenggara pemilihan.

"Mengimplementasikan proses pemungutan suara di tengah situasi pandemi untuk menjamin integritas hasil dan proses sekaligus menjamin kenyamanan, keamanan dan keselamatan pemilih, petugas penyelenggara dan saksi, termasuk warga masyarakat di sekitar lokasi TPS," ujarnya.

Baca juga: Baharuddin Dukung Rusman?

KPU RI telah menggelar simulasi pemungutan suara Pilkada Serentak 2020 di salah satu hotel di Kabupaten Indramayu Provinsi Jawa Barat, hari ini, Sabtu (29/8 /2020).

Tampak protokol kesehatan pencegahan COVID-19 diterapkan secara ketat saat proses pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Penempatan antar meja dan kursi KPPS, para saksi paslon, dan pengawas serta bilik dan kotak suara diatur dalam jarak aman minimal 1 meter.

Simulasi tersebut dihadiri oleh Ketua dan Anggota KPU RI, Anggota DKPP Alfitra Salam, Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar, Dirjen Poldagri Kemendagri, Perwakilan Mabes TNI dan Mabes Polri dan BNPP serta KPU dari 34 provinsi se-Indonesia.

Dalam sambutannya, Anggota KPU RI Evi Novida Ginting Manik mengatakan, simulasi tersebut untuk memberikan pemahaman bagi pemilih dan mengetahui kesiapan personel KPU dalam melaksanakan pemungutan suara dalam Pilkada yang akan digelar tanggal 9 Desember 2020.

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga