Teliti Sebelum Membeli, Ini Kelebihan dan Kekurangan Kendaraan Listrik

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 16 Oktober 2023
0 dilihat
Teliti Sebelum Membeli, Ini Kelebihan dan Kekurangan Kendaraan Listrik
Terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli kendaraan listrik. Foto: Zoomcar.com

" Negara-negara di dunia menargetkan net zero emission (NZE) pada 2060 mendatang, salah satunya Indonesia yang dalam beberapa tahun terakhir mulai beralih menuju kendaraan listrik "

KENDARI, TELISIK.ID - Negara-negara di dunia menargetkan net zero emission (NZE) pada 2060 mendatang, salah satunya Indonesia yang dalam beberapa tahun terakhir mulai beralih menuju kendaraan listrik.

Melihat kondisi tersebut, banyak perusahaan otomotif yang memproduksi mobil listrik. Sehingga masyarakat memiliki banyak opsi dan mulai beralih ke mobil ataupun motor listrik.

Namun, sebelum menggunakannya, ada baiknya Anda mengetahui lebih dulu kelebihan dan kekurangan kendaraan listrik, di antaranya:

Kelebihan:

1. Ramah lingkungan

Mengutip Zoomcar.com, salah satu motivasi masyarakat Indonesia untuk beralih ke mobil listrik adalah manfaat mobil listrik bagi lingkungan yang besar.

Baca Juga: Indonesia Panas Ekstrem, Ini Rekomendasi Sunscreen SPF 50 Dewasa dan Anak-Anak

Pertama mesin tidak menghasilkan pembuangan residu emisi CO2 (karbondioksida) dan CO (karbon monoksida). Dengan memilih kendaraan listrik kamu juga turut berpartisipasi dalam penghematan sumber daya alam yang nggak terbarukan yaitu minyak bumi.

Mesin mobil listrik nggak menimbulkan suara bising. Dengan demikian Anda juga turut berpartisipasi untuk mengurangi polusi suara yang mengganggu dan memicu stres bagi pengguna jalan lain.

2. Minim perawatan

Keunggulan mobil listrik lainnya adalah kendaraan ini memiliki performa yang tinggi dan minim perawatan. Sebab, mekanikal kendaraan listrik berbeda dengan kendaraan biasa, sehingga beberapa komponen tidak harus dirawat secara rutin.

Secara tidak langsung, mobil listrik bisa mengurangi biaya perawatan rutin. Kendaraan listrik juga memiliki mesin yang lebih halus, tidak berisik, dapat melaju cepat, dan lebih responsif dibanding mobil konvensional.

3. Baterai bisa diisi di rumah

Pengisian energi kendaraan listrik untuk beroperasi menggunakan charger listrik yang dapat dilakukan di rumah. Hal ini juga menjadi kelebihan mobil listrik atau sepeda motor listrik karena pengendara tidak perlu repot antre untuk mengisi bensin. Pengendara dapat mengisi energi mobil listrik kapan saja.

Kekurangan:

Baca Juga: Lakukan Ini untuk Tahu HP Anda Disadap dan Cara Mengatasinya

1. Jangkauan tempuh terbatas

Dikutip dari Koran.tempo.co, mobil listrik umumnya memiliki jangkauan tempuh lebih terbatas dibanding mobil BBM. Rata-rata mobil listrik dapat menempuh jarak 96.000-193.121 kilometer per pengisian daya. Sementara itu, mobil bertenaga BBM memiliki jangkauan tempuh rata-rata 482.803 kilometer ketika tangki bensin terisi penuh.

2. Pengisian baterai cukup lama

Proses pengisan baterai mobil listrik membutuhkan waktu yang lama. Pengisian daya menggunakan level 1 ataupun level 2 dapat memakan waktu hingga delapan jam. Bahkan, di stasiun pengisian cepat, diperlukan waktu sekitar 30 menit untuk mengisi daya hingga 80 persen. Hal ini membuat pengemudi kendaraan listrik perlu lebih cermat dalam merencanakan perjalanan karena keterbatasan tempat pengisian daya listrik. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga