Lakukan Ini untuk Tahu HP Anda Disadap dan Cara Mengatasinya

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Selasa, 10 Oktober 2023
0 dilihat
Lakukan Ini untuk Tahu HP Anda Disadap dan Cara Mengatasinya
Penyadapan handphone alias HP bisa terjadi kapan saja dan menimpa siapa saja. Foto: Katadata.co.id

" Zaman sekarang kejahatan melibatkan media elektronik atau kejahatan siber semakin berkembang. Salah satunya penyadapan yang bisa berujung kebocoran data pribadi yang tak seharusnya diketahui banyak orang "

KENDARI, TELISIK.ID - Zaman sekarang kejahatan melibatkan media elektronik atau kejahatan siber semakin berkembang. Salah satunya penyadapan yang bisa berujung kebocoran data pribadi yang tak seharusnya diketahui banyak orang.

Anda pengguna HP atau Smartphone juga harus berhati-hati, penyadapan biasanya terjadi tak disadari pemilik HP yang disadap. Meski begitu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah HP Anda disadap.

Ada beberapa tanda yang dapat terlihat apabila HP tengah disadap. Dengan mengetahui tanda-tandanya, kamu bisa segera melakukan penanganan dengan menghentikannya.

Dilansir dari Cnnindonesia.com, dari laman Life Wire, berikut ini cara cek HP yang disadap yang dapat kamu lakukan:

1. Cek panggilan dan SMS masuk

Cara mengecek apakah HP disadap atau tidak yang pertama adalah dengan memeriksa panggilan dan SMS yang diterima di HP. Apabila kamu tiba-tiba menerima panggilan dan SMS dari nomor yang tidak dikenal hal itu patut dicurigai.

Baca Juga: Cuaca Panas, Ini Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memakai Sunscreen Menurut Dokter

Nomor asing yang muncul di panggilan atau mengirim pesan melalui SMS bisa jadi pertanda HP tengah disadap.

2. Cek email mencurigakan

Cara cek HP disadap berikutnya adalah mengecek email aneh yang masuk. Apakah ada kiriman email berisi link atau tautan dan tanpa sengaja tautan tersebut kamu klik. Saat dibuka, tautan tersebut merupakan sambungan otomatis untuk menginstal aplikasi penyadap.

3. Perhatikan daya baterai

Biasanya, pelaku penyadap HP akan mengutak-atik isi HP dengan membuka aplikasi, dokumen, dan lainnya. Hal ini membuat HP bekerja lebih sehingga daya baterai cepat habis. Jika kamu tidak menggunakan HP untuk beraktivitas banyak tapi baterainya cepat habis, hal tersebut harus diwaspadai karena bisa jadi pertanda HP tengah disadap.

4. Perhatikan kinerja HP

Selain daya baterai yang cepat habis, HP yang lemot juga menjadi salah satu pertanda HP sedang disadap. Sebab, HP dijalankan penyadap dari jarak jauh sehingga sistem HP bekerja ekstra dan membuat kinerjanya melambat alias lemot.

5. Perhatikan aktivitas aneh

Cara cek HP disadap berikutnya adalah dengan memerhatikan munculnya aktivitas aneh, seperti aplikasi terbuka dan berjalan sendiri padahal tidak sedang digunakan.

6. Perhatikan aplikasi

Penyadap HP biasanya akan memasang aplikasi asing atau malware di HP untuk mendapatkan informasi dari HP yang sedang disadap. Nah, cara cek HP disadap berikutnya adalah memerhatikan aplikasi yang terdapat di HP.

Apabila ada aplikasi asing yang kamu rasa tidak pernah mengunduhnya segera hapus sebab dapat mengindikasikan penyadapan.

7. Periksa dengan kode USSD

Cara mengetahui apakah HP disadap atau tidak juga dapat dengan melakukan pemeriksaan menggunakan kode USSD *#21# atau *#06# di menu Panggilan. Pihak provider nantinya akan memberi informasi apakah ada panggilan yang dialihkan, data yang ditransfer ke pihak lain, dan sebagainya.

Cara Mengatasi HP Disadap

Setelah mengetahui HP disadap, jangan panik. Kamu bisa melakukan beberapa hal di bawah ini untuk mengatasi HP tersadap. Berikut caranya dikutip dari Detik.com:

1. Mengganti Password HP

Cara pertama adalah kamu bisa mengganti password atau pin dari layar HP. Sangat disarankan untuk menghindari membuat password atau pin yang berhubungan dengan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran karena mudah ditebak terutama apabila data pribadi sudah bocor.

Baca Juga: Deretan Tips Seks Aneh, Sebaiknya Jangan Dilakukan

2. Mengganti Password Email

Selain password layar HP, kamu juga perlu mengganti password email. Hal ini dikarenakan email sering kali menjadi sumber penyadapan.

3. Reset ke Mode Pabrik

Berikutnya kamu bisa mereset HP ke mode pabrik alias factory reset. Hal ini dilakukan agar oknum penyadap tidak bisa mendapat informasi apapun karena semua data dalam HP sudah terhapus secara bersih seperti HP baru.

4. Hubungi Call Center

Langkah terakhir adalah menghubungi call center provider dan laporkan kalau HP kamu telah disadap. Nantinya, provider akan menonaktifkan sementara kartu SIM untuk mencegah penyadap mengakses informasi dalam HP kamu.

Itulah cara mengetahui apakah HP kamu disadap dan bagaimana cara mengatasinya. Semoga informasi ini bermanfaat dan tetaplah waspada ya, detikers! Mencegah lebih baik daripada mengalami masalah di kemudian hari. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga