Ternak Sapi di Butur Akan Diansuransikan, Asal Jangan Dibunuh Sendiri

Aris, telisik indonesia
Kamis, 27 Januari 2022
0 dilihat
Ternak Sapi di Butur Akan Diansuransikan, Asal Jangan Dibunuh Sendiri
Sapi milik peternak di Buton Utara. Foto: Facebook, Yusuf La Sea-Sea

" Dinas Pertanian Kabupaten Buton Utara (Butur) akan memberikan asuransi kepada ternak sapi, milik masyarakat "

BUTON UTARA, TELISIK.ID - Dinas Pertanian Kabupaten Buton Utara (Butur) akan memberikan asuransi kepada ternak sapi, milik masyarakat.

Hal itu ungkapkan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Butur, Yusuf. kata dia, Peraturan Daerah (Perda) yang saat ini tengah dibahas, arahnya adalah memberikan asuransi kepada ternak sapi.

"Ternak sapi kita akan asuransikan, jadi asal jangan dia bunuh sendiri, dia kasih mati sendiri ternaknya ya dibayar, dibayar diklaim asuransi. Supaya nyamannya dia beternak itu ada," ujar Yusuf, Rabu (26/1/2022)

Tetapi, kata dia, selama ini pihaknya selalu memberi bantuan sapi kepada pihak yang tidak mampu. Padahal, lanjut dia, definisi tidak mampu itu kabur.

"Sehingga dia merasa bahwa ini bukan untuk bisnis, ini bantuan untuk saya mau jual," ujarnya.

Ketua Nahdlatul Ulama Kabupaten Butur ini juga mengatakan, walaupun tidak berkeadilan, pihaknya akan membantu yang sudah beternak. Dia menjelaskan, bagi masyarakat yang ingin beternak, harus terlebih dulu menjadi karyawan.

Baca Juga: Di Butur, Pelihara 10 Ekor Sapi di Lahan 1 Hektare Bisa Dapat Tabungan Rp 250 Juta?

Hal tersebut dimaksudkan untuk transformasi pertanian tradisional ke pertanian modern. Yang tadinya hanya untuk kebutuhan, berubah menjadi orientasi bisnis.

Baca Juga: Pemda Konawe Bakal Punya Rumah Rehabilitas Sosial Bagi Lansia, Disabilitas dan ODGJ

"Petani, peternaknya dulu yang bertransformasi bahwa dia mau bisnis, kita memfasilitasi bagaimana. Oh ini saya butuh modal, kita dekatkan dengan lembaga keuangan," kata Yusuf. (C)

Reporter: Aris

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga