Pemda Konawe Bakal Punya Rumah Rehabilitas Sosial Bagi Lansia, Disabilitas dan ODGJ

Aris Syam, telisik indonesia
Kamis, 27 Januari 2022
0 dilihat
Pemda Konawe Bakal Punya Rumah Rehabilitas Sosial Bagi Lansia, Disabilitas dan ODGJ
Lokasi gedung yang akan dijadikan Rumah Rehabilitas Sosial Dinsos Konawe. Foto:Aris Syam/Telisik

" Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe melalui dinas sosial dalam waktu dekat akan memiliki rumah rehabilitasi sosial bagi Lansia "

KONAWE,TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe melalui dinas sosial dalam waktu dekat akan memiliki rumah rehabilitasi sosial bagi Lansia, disabilitas dan orang dalam gangguan jiwa (ODGJ).

Kepala Dinas Sosial Konawe, Agus Suyono mengatakan, ini program di tahun 2022, sehingga tugas mereka hanya menyediakan tempat dan kebutuhannya, sedangkan operasional teknis disiapkan pemerintah pusat.

Dengan adanya rumah rehabilitas sosial itu, dapat menciptakan lingkungan yang memungkinkan mereka terus aktif dan sehat secara optimal baik fisik, sosial maupun psikologis dalam kehidupan sehari-hari.

"Persoalan awal yang harus kita siapkan itu data, berapa jumlah Lansia produktif dan disabilitas produktif di sini," kata Agus saat dikonfirmasi Telisik.id, Kamis (27/1/2022).

Termasuk ODGJ lanjut Agus, pihaknya akan bekerjasama dengan pihak rumah sakit untuk proses pengobatannya sampai sembuh.

Baca Juga: Di Butur, Pelihara 10 Ekor Sapi di Lahan 1 Hektare Bisa Dapat Tabungan Rp 250 Juta?

Seteleh sembuh, masih kata Agus, ODGJ ini tidak boleh langsung dikembalikan kemasyarakat, akan tetapi direhabilitasi dulu dalam beberapa waktu dengan mengajarkan beberapa keterampilan hingga saat dia keluar sudah punya keahlian.

"Paling lambat Maret kita sudah ajukan datanya ke pusat," jelas Agus.

Baca Juga: Jaga Kondusifitas Bombana, Warga Kedapatan Bawa Sajam Saat Kampanye Pilkades Bakal Ditindak

Agus menambahkan, rencananya bangunan yang berada di belakang Kantor dinas sosial akan direnovasi untuk dijadikan rumah rehabilitas sosial karena hingga saat ini gedung itu masih kosong.

"Kita manfaatkan saja gedung itu karena masih kosong," tandasnya. (C)

Reporter: Aris Syam

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga