Ternak Sapi di Kolaka Timur Divaksin PMK

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Selasa, 10 Januari 2023
0 dilihat
Ternak Sapi di Kolaka Timur Divaksin PMK
Proses vaksinasi PMK terhadap ternak sapi di Kelurahan Welala, Kecamatan Ladongi, Kolaka Timur. Foto: Ist.

" Ratusan ternak sapi milik masyarakat di Kabupaten Kolaka Timur mendapatkan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) secara gratis "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Ratusan ternak sapi milik masyarakat di Kabupaten Kolaka Timur mendapatkan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) secara gratis.

Vaksinasi bertujuan untuk membentuk resistensi ternak terhadap infeksi PMK, sehingga dapat mempertahankan kondisi kesehatan hewan yang menjadi dasar dalam usaha peternakan warga.

Penyebaran wabah PMK telah membawa dampak perekonomian yang besar terhadap kegiatan usaha peternakan sapi masyarakat.

Baca Juga: Begini Nasib Tenaga Honorer Jelang Penghapusan

Dampaknya berantai, selain sapi mati akibat penyakit, sapi yang sakit akhirnya dipotong paksa dengan penurunan harga yang signifikan.

Oleh karena itu Pemda Kolaka Timur melalui Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan melakukan vaksinasi kepada ternak sapi yang ada di Kolaka Timur.

Salah satu staff lapangan Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan, Muh. Saleh menuturkan, kegiatan vaksinasi PMK akan terus dilakukan selagi stok vaksin masih ada.

Ia juga menambahkan, vaksinasi dikoordinir langsung oleh Kepala Bidang Peternakan Arief Budi Prihatmanto yang selanjutnya membentuk tim Vaksinator.

"Kolaka Timur saat ini masuk dalam zona kuning untuk penyakit PMK," tambahnya.

Ia juga menuturkan kegiatan vaksinasi ini sudah dilakukan hampir di seluruh wilayah Kolaka Timur.

Baca Juga: Buton Tengah Gaet Investor Jerman Budidaya Udang Vename

Sementara itu, Made Rasno menuturkan, sehari sebelum dilakukan vaksinasi petugas lapangan akan memberi informasi kepada masyarakat agar dapat membawa ternak ke tempat vaksinasi

"Yang jelas sebelum kegiatan vaksinasi harus ada informasi kepada masyarakat agar tau akan ada kegiatan vaksin di tempat itu," tambahnya.

Salah satu peternak sapi, Suputra, sangat bersyukur dangan adanya kegiatan vaksinasi PMK yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur.

"Semoga setelah sapi saya divaksin tidak akan terjangkit penyakit PMK," tambahnya. (A)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga