Kerangka Manusia Dicor di Blitar Terkubur 1,5 Tahun, Wanita Asal Sulawesi Tenggara

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Jumat, 24 November 2023
0 dilihat
Kerangka Manusia Dicor di Blitar Terkubur 1,5 Tahun, Wanita Asal Sulawesi Tenggara
Rumah tempat ditemukannya mayat wanita, dicor di dalam rumah di Desa Bacem, Kecamatan Ponggok, Blitar, Jawa Timur (kiri), dan kerangka yang ditemukan (kanan). Foto: Repro Tvonenews.com

" Kerangka manusia yang dicor di dalam rumah di Desa Bacem, Kecamatan Ponggok, Blitar, Jawa Timur, ternyata berasal dari Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara "

KENDARI, TELISIK.ID - Misteri temuan kerangka manusia yang dicor di dalam rumah di Desa Bacem, Kecamatan Ponggok, Blitar, Jawa Timur, pada Selasa (21/11/2023), terkuak. Kerangka wanita tersebut ternyata berasal dari Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara.

Kapolresta Kendari, Kombes Pol Muh Eka Fathurrahman Kamis (23/11/2023) malam mengatakan, hasil koordinasi dengan Kapolres Blitar Kota Polda Jatim, AKBP Danang Setyo, penemuan kerangka manusia itu terjadi di wilayah Blitar Kota.

Berawal dari penemuan kerangka manusia yang dicor di dalam salah satu kamar yang digembok ketika rumah yang baru dibeli, direnovasi oleh pemilik rumah. Penanganannya dilakukan oleh Polres Blitar bersama tim Forensik RS Bhayangkara Kediri dan Tim Labfor Polda Jawa Timur.

Diduga kerangka manusia ini adalah perempuan bernama Fitriani, yang merupakan istri dari pemilik rumah sebelumnya. Dari struktur kerangka dan gigi, diyakini wanita ini berumur di bawah 25 tahun. Berbekal foto Fitriani, keluarganya di Sulawesi Tenggara melakukan penelusuran.

Polres Blitar Kota melakukan koordinasi dan meminta bantuan Polresta Kendari Polda Sulawesi Tenggara, untuk memastikan foto tersebut adalah benar Fitriani. Penyidikan tetap dilakukan oleh penyidik Polres Blitar Kota, dengan pendampingan dan fasilitasi kepada keluarga korban di Desa Lawoila, Kecamatan Konda.

Baca Juga: Kerangka Manusia Ditemukan di Hutan, Diduga Mahasiswa yang Hilang Setahun Lalu

Kerangka korban sudah dikebumikan oleh penyidik Polres Blitar Kota di Pemakaman Umum Blitar Kota. Kapolsek Konda, Iptu Kartini, menyampaikan rasa prihatin kepada keluarga korban yang sedang terpukul, menginformasikan bahwa korban adalah warga Desa Lawoila, Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan.

Mengutip Suara.com jaringan Telisik.id, Kapolres Blitar Kota AKBP Danang Setiyo P.S melaporkan hasil olah TKP pada Selasa (21/11/2023). Tim forensik RS Bhayangkara Kediri dan Labfor Polda Jatim menemukan petunjuk berupa perhiasan dan kain yang ditemukan bersama kerangka.

Kerangka ini dipastikan milik seorang perempuan, dengan penemuan petunjuk bahwa terpendam selama 1 hingga 1,5 tahun. Polisi tidak menyimpulkan pembunuhan, tapi menduga jenazah meninggal dengan cara tak wajar setelah dicor dan ditimbun di rumah. Tim forensik menyatakan, korban dikubur dalam keadaan meringkuk.

Baca Juga: Penemuan Kerangka Manusia Misterius Gegerkan Warga Desa Polindu Buton Tengah

Polisi telah mengantongi identitas pemilik kerangka dan beberapa saksi. Pemilik rumah, Sugeng, baru-baru ini membeli rumah dari SH. Polres Blitar Kota telah mengamankan satu terduga pelaku, meskipun belum merilis informasi resmi mengenai keterlibatan SH atau saksi lainnya.

Warga di sekitar tempat kejadian percaya bahwa kerangka tersebut adalah F yang dilaporkan hilang. Ali Maskur, tetangga korban, menyatakan kecurigaan terhadap suami F, SH, yang merupakan sosok penyendiri. SH mengaku bahwa istrinya kabur dengan lelaki lain, hal ini menjadi dasar kecurigaan warga.

Kecurigaan semakin menguat karena SH sering mengatakan bahwa istrinya dibawa kabur oleh lelaki lain. Warga akan melakukan pemakaman terhadap jenazah yang diduga F, dan polisi telah mengamankan SH sebagai terduga pelaku. (A)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga