Terpopuler, Golkar Jawa Timur Bidik Pemilih Pemula Lumbung Suara Pemilu 2024

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Selasa, 27 September 2022
0 dilihat
Terpopuler, Golkar Jawa Timur Bidik Pemilih Pemula Lumbung Suara Pemilu 2024
Ketua Golkar Jawa Timur Mohammad Sarmuji mengatakan, pemilih pemula akan jadi lumbung suara Golkar di Jawa Timur. Foto: Ist.

" Suara pemilih pemula di Jawa Timur menjadi bidikan Partai Golkar untuk mengejar kemenangan Pemilu 2024 mendatang "

SURABAYA, TELISIK.ID - Suara pemilih pemula di Jawa Timur menjadi bidikan Partai Golkar untuk mengejar kemenangan Pemilu 2024 mendatang.

Partai berlambang pohon beringin ini optimis suara pemilih pemula bisa menjadi lumbung suara di Jawa Timur mengingat berdasarkan survei, Partai Golkar menjadi partai terpopuler di mata pemilih pemula.

Ketua Golkar Jawa Timur, Mohammad Sarmuji mengatakan, hasil survei yang menyebut Golkar terpopuler di kalangan pemilih pemula, tentunya berita gembira bagi seluruh jajaran Golkar di Jawa Timur. Pasalnya, selama ini pihaknya tidak menyangka kalau pemilih pemula ternyata banyak mengenal Partai Golkar.

"Tentunya ini memotivasi seluruh kader dan simpatisan Partai Golkar untuk terus berjibaku memenangkan Pemilu 2024. Tentunya salah satu yang memotivasi kami semua, Partai Golkar terpopuler di kalangan pemilih pemula," jelas anggota DPR RI ini, Selasa (27/9/2022).

Selain kabar gembira, kata Sarmuji, survei tersebut juga adalah tantangan, yaitu bagaimana meningkatkan keterkenalan menjadi kedisukaan agar memiliki pengaruh terhadap elektabiltas.

Baca Juga: Anggap Kery Mabuk, Endang Usul Gaet Ali Mazi jadi Calon Wagubnya

"Itu yang saat ini sedang dikerjakan terus oleh Golkar Jatim dengan program-program yang menyasar anak muda," jelasnya.

Alumni Unej (Universitas Jember) ini mengatakan, dengan tagline “Golkar Jatim Asyik”, saat ini pihaknya siap mengkonversi keterkenalan menjadi kedisukaan dan keterpilihan.

"Ini menjadi pekerjaan seluruh pengurus hingga kader Golkar di Jawa Timur," tandas pria kelahiran 1974 ini.

Hasil survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) menemukan, Partai Golkar menjadi partai terpopuler di kalangan pemilih muda.

Dalam survei yang digelar tanggal 8 hingga 13 Agustus 2022 dengan menyasar responden berusia 17-39 tahun, Partai Golkar muncul dengan tingkat popularitas tertinggi dibanding partai lain, yakni sebesar 94 persen.

Baca Juga: DPP PKS Diharapkan Segera Pastikan Arah Koalisi dan Capres

Kepala Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS, Arya Fernandes menuturkan, 1.200 responden dalam survei ini diasumsikan sebagai pemilih muda karena sudah memiliki hak pilih. Ia mengatakan, tingkat pengenalan responden terhadap partai sudah cukup tinggi.

"Relatif pengenalan terhadap partai kita sudah cukup tinggi dengan jarak antara 4 partai tipis-tipis aja nih. Partai Golkar, PDIP, Gerindra, kemudian Demokrat, tipis-tipis tapi sudah lewat di atas angka 90 persen. Baru kemudian NasDem, Perindo," tutur Arya saat rilis survei CSIS di Jakarta beberapa hari lalu.

Berdasarkan temuan survei CSIS, tingkat popularitas partai berlambang pohon beringin (Golkar) lebih tinggi dibanding PDIP (93,5 persen), Gerindra (92.7 persen), dan Demokrat (91,6 persen). (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali 

Baca Juga