Terungkap, Player Terbaik Guitar Hero Selama Ini Curang

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Selasa, 08 Februari 2022
0 dilihat
Terungkap, Player Terbaik Guitar Hero Selama Ini Curang
Player terbaik guitar hero, Schmooey ketahuan curang. Akui menyesal hingga tutup akun media sosial. Foto Repro pcgamer.com

" Baru-baru ini Schmooey diketahui telah melakukan kecurangan di permainan guitar hero "

JAKARTA, TELISIK.ID - Guitar Hero merupakan salah satu game dengan genre ritme (rhythm). Game tersebut mempunyai segudang lagu dengan berbagai kesulitannya sendiri.

Banyaknya gamer yang berlomba-lomba untuk membuktikan siapa yang terbaik, menjadikan game ini masih diminati banyak orang sampai saat ini.

Schmooey, adalah seorang gamer terbaik yang kemampuannya dalam memainkan guitar hero, sudah diakui dunia. Hal tersebut dikarenakan dirinya yang mampu memainkan berbagai lagu dengan tingkat kesulitan yang tinggi, di mana dirasa mustahil bagi kebanyakan orang.

Namun, baru-baru ini Schmooey diketahui telah melakukan kecurangan di permainannya, seperti dikutip dari gamebrott.com, seorang Youtuber yang bernama Karl Jobst menjelaskan bagaimana cara Schmooey melakukan kecurangan.

Walaupun memang ada beberapa hal yang cukup menimbulkan tanda tanya apakah Schmooey melakukan cheating atau tidak seperti footage video yang terlalu gelap dan bahkan beberapa notnya tidak cocok dengan yang dia tekan di kontroller gitarnya.

Selain footage dirinya yang tidak cocok dengan kontroller gitarnya, ada juga momen di mana sepertinya footage gameplay-nya dipercepat dari kecepatan asli yang dia mainkan saat off-cam (Speedhack) dan ditambah dengan munculnya overlay dari Windows Media Player saat akhir video yang diasumsikan dia melakukan pre-record sebelum melakukan livestream.

Dikutip dari detik.com-kotaku, kecurigaan Jobst mulai muncul pada bulan Desember 2021. Di mana ketika seorang pemain ahli lainnya memperhatikan, bahwa tidak semua tombol yang dipencet oleh Schmooey sejajar dengan nada di dalam game, pada lagu 9 Patterns Of Eternal Pain.

Baca Juga: Catat, Ini 5 Kebiasaan Wanita Sukses di Pagi Hari

Senin (7/2/2022) lalu setelah dilakukan penyelidikan lebih dalam, mantan pemain terbaik di dunia tersebut mengakuinya dan menyampaikan permohonan maaf. Awalnya Schmooey tetap mempertahankan beberapa video yang dibuatnya tidak curang. Namun akhirnya terungkap, sekitar 100 klip telah dipalsukannya.

"Ya sebagian besar hal yang saya lakukan tidak autentik dan saya bersalah karena melakukan penipuan, dari berbagai hal yang saya ubah dan edit. Saya minta maaf karena tidak sesuai dengan apa yang kalian pikirkan. Saya seorang penipu," kata Schmooey.

Ia juga mengungkapkan beberapa perangkat lunak yang digunakannya untuk melakukan hal tidak pantas tersebut. Di antaranya menggunakan Cheat Engine, Video Editing Program (Videopad), moonscraper editing, sedikit menggunakan Auto Strum. Lalu semua dikombinasikan.

"Bagaimana saya melakukannya. Kecepatan game menjadi 0,75 dengan CE, edit kecepatan video di Videopad menjadi 132,5 dan edit kecepatan audio agar sesuai dengan video," ungkapnya.

Baca Juga: 5 Artis yang Tidak Mau Punya Anak, Pilih Adopsi Ketimbang Melahirkan

Sederhananya, Schmooey memainkan tingkat kesulitan yang lebih mudah. Kemudian mempercepatnya memanfaatkan perangkat lunak editing video. Lalu menyatukan semua dengan hasil rekaman webcam dirinya. Hasil ini cukup meyakinkan para penggemar dan menipu gamer Guitar Hero lain selama bertahun-tahun.

Setelah membuat pernyataan dan video permintaan maaf, ia mengunci akun media sosial pribadi dan menghapus seluruh unggahannya. Termasuk memutuskan untuk mengembalikan semua hadiah yang pernah diterima selama bertahun-tahun. Memalukan! (C)

Reporter: Nurdian Pratiwi

Editor: Haerani HambaliĀ 

Baca Juga