Tiga Parpol Siapkan Kader Potensial Hadapi Pemilu 2024

Haidir Ali, telisik indonesia
Sabtu, 23 April 2022
0 dilihat
Tiga Parpol Siapkan Kader Potensial Hadapi Pemilu 2024
Dari kiri: Ketua DPD Partai Demokrat Sultra, Muhammad Endang SA, Ketua DPW PBB Sultra, Ruksamin, dan Ketua DPW PKS Yaudu Salam Ajo: Foto/Ist

" Presiden Joko Widodo telah mengaskan pemilu dilaksanakan 14 Februari 2024 dan pilkada pada November di tahun yang sama "

KENDARI, TELISIK.ID - Presiden Joko Widodo telah menegaskan pemilu dilaksanakan 14 Februari 2024 dan pilkada pada November di tahun yang sama. Atas hal itu, para pimpinan partai politik di daerah Sulawesi Tenggara (Sultra) sudah melakukan berbagai persiapan.

Sedikitnya, tiga parpol yakni DPD Partai Demokrat, DPW PKS dan DPW PBB Sultra telah menyiapkan para kadernya, baik itu secara internal maupun kader eksternal untuk mengikuti kontestasi pemilu serentak 2024.

Ketua DPW PKS, Yaudu Salam Ajo mengungkapkan, pihaknya sedang fokus mempersiapkan kader internal untuk tampil pada Pileg mendatang dan saat ini telah melakukan proses penjaringan yang selanjutnya akan dibimbing, dibina dan dimenangkan.

Ia menambahkan para kader tidak hanya disiapkan untuk menang, tetapi disiapkan agar bertanggung jawab saat menjalankan tugas, sebab hal tersebut merupakan kewajiban partai politik membina para kader.

Ia mengaku, sudah melakukan penjajakan dan penjaringan sejak 6 bulan lalu, ada beberapa daerah yang sudah terpenuhi, namun masih ada kabupaten/kota belum terpenuhi.

"Sehingga pendaftaran kami masih terus dibuka sampai seluruh kuota terpenuhi, dan menyiapkan kader yang berminat untuk maju mencalonkan diri kami proses," kata Yaudu kepada Telisik.id, Sabtu (23/4/2022).

Yaudu juga mengatakan, saat ini belum membuka komunikasi secara resmi untuk pilkada baik bupati/wali kota maupun gubernur. Khusus di internal PKS sendiri memiliki kader potensial dan dipastikan akan tampil kembali pada pemilihan Wali Kota Kendari. PKS juga menyiapkan kader potensial lainya untuk di kabupaten/kota daerah Sultra.

Jika signifikan suara PKS, kader partai yang potensial tetap akan diusung, seperti Sulkarnain Kadir, Wali Kota Kendari saat ini, ia akan tetap maju secara bertahap terus melakukan sosialisasi.

Baca Juga: Soal PAW, Ketua DPRD Muna Minta Suaka DPP Hanura

"Sedangkan untuk komunikasi eksternal yang santer untuk calon gubernur ada Pak La Ode Ida," ujarnya.

Terpisah, Ketua DPD Demokrat Sultra, Muhammad Endang SA menyatakan, siap ikut verifikasi dan siap mendaftarkan para kader partai, baik internal maupun eksternal pada pemilu mendatang. Ia juga mengatakan partai Demokrat sudah membentuk satuan tugas untuk caleg internal dan eksternal.

"Tergantung penugasan partai dan aspirasi rakyat serta izin keluarga, saya bisa maju eksekutif atau pun legislatif," ucap Endang.

Selain itu, soal target di pileg nanti, pihaknya menarget 7 kursi di DPRD Sultra, sedangkan untuk DPR RI, pihaknya menarget 2 kursi.

"Sedangkan proyeksi realistis 1 kursi," ujarnya.

Sedangkan Ketua DPW PBB, Ruksamin mengatakan, partai politik merupakan salah satu ornamen atau alat dalam mencapai tujuan berbangsa dan bernegara. Ia menambahkan, PBB saat ini berusaha mengevaluasi kinerja partai dan menyiapkan untuk ikut tampil di pemilihan legislatif maupun pemilihan kepala daerah.

Ia mengaku belum memproklamirkan diri untuk mencalonkan diri sebagai calon Gubernur Sultra, namun secara pribadi ia siap untuk itu.

"Dengan syarat saya lihat partai politik yang saya pimpin apakah mumpuni atau tidak," kata Bupati Konawe Utara tersebut.

Baca Juga: Nama Penjabat Bupati Busel, Buteng dan Mubar Sudah di Kemendagri RI

Semetara itu, pengamat politik Sultra, Najib Husain mengatakan, pimpinan partai politik saat ini harus segera melakukan penjajakan, karena pemilu kurang lebih 2 tahun lagi akan diselenggarakan. Ia menambahkan, apabila tidak dipersiapkan sedini mungkin, akan sulit untuk menjangkau 17 kabupaten/kota yang ada di Sultra.

Dia juga mengatakan, partai politik harus berani memberikan ruang kepada tokoh-tokoh baru yang ingin tampil pada pemilu mendatang, agar dapat dilihat kualitas yang dimiliki para figur baru yang memiliki potensi untuk bertarung pada ajang 5 tahunan tersebut.

"Kami berharap ada wajah-wajah baru yang tampil di pemilihan 2024 nanti, jangan wajah lama yang sudah dua bahkan tiga periode selalu terpilih, kita beri kesempatan dan lihat kualitas para tokoh baru agar politik di Sultra semakin maju dan berkembang," tuturnya. (A)

Reporter: Haidir Ali

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga