Tiga Penumpang Eks KM Lambelu Asal Buteng Batuk-batuk

Musdar, telisik indonesia
Rabu, 15 April 2020
0 dilihat
Tiga Penumpang Eks KM Lambelu Asal Buteng Batuk-batuk
KM Lambelu. Foto: Repro Media Indonesia

" Yah kemarin memang ada yang demam, tapi Alhamdulillah sekarang mulai membaik, tinggal batuknya tapi sudah dikasih obat batuk. "

BUTON TENGAH, TELISIK.ID - Sebanyak 3 dari total 112 warga Buton Tengah (Buteng) yang baru saja tiba menggunakan KM Lambelu masih mengalami batuk-batuk.

Juru Bicara Penanganan COVID-19 Kabupaten Buteng, Kasma, menerangkan kondisi 3 orang itu mulai lebih baik dari hari sebelumnya yang kondisi batuknya disertai demam.

“Yah kemarin memang ada yang demam, tapi Alhamdulillah sekarang mulai membaik, tinggal batuknya tapi sudah dikasih obat batuk,” terang Kasma melalui sambungan telepon, Rabu (15/4/2020).

Kasma menerangkan, petugas medis juga sudah melakukan rapid tes (Tes cepat) untuk ketiga orang tersebut. Alhasil seluruhnya dinyatakan negatif COVID-19.

Kasma menuturkan, hanya tiga orang yang mengikuti rapid tes sebab 109 penumpang lainnya tidak menunjukan gejala COVID-19.

“Kita hanya melakukan rapid tes untuk 3 orang saja karena alat rapid tes kita terbatas, jadi hanya yang bergejala saja,” tambahnya.

Baca juga: 29 Pedagang di Pelabuhan Tobaku Kolut Diusul dapat Bantuan

Meskipun sudah dinyatakan negatif seluruh eks penumpang KM Lambelu tetap berada dalam pemantauan.

“Sekarang mereka tengah menjalani karantina mandiri, namun tetap dalam pantauan tenaga medis,” terangnya.

Sebelumnya dikabarkan terdapat 26 ABK KM Lambelu yang ditumpangi 112 warga Buteng terinfeksi positif COVID-19 oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sulawesi Selatan, usai memeriksa seluruh ABK Kapal penumpang milik Pelni tersebut.

112 Warga Buteng diturunkan di pelabuhan Murhum Baubau 6 April 2020 beserta 656 penumpang lainnya yang tersebar di beberapa Kabupaten dan Kota di Sulawesi Tenggara.

 

Reporter: Musdar

Editor: Sumarlin

Baca Juga