Tiga WNI Positif Corona

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 18 Februari 2020
0 dilihat
Tiga WNI Positif Corona
Seorang dirawat lantaran terkenal virus corona Foto: Repro google.com

" Dua dari tiga WNI yang positif Corona itu telah dibawa ke rumah sakit di Kota Chiba, Jepang. Sementara yang satunya sedang menjalani proses untuk menuju rumah sakit. Sehingga per detik ini, teman-teman, saya belum dapat menyampaikan satu WNI dibawa ke rumah sakit mana. "

KENDARI, TELISIK - Tiga warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi kru kapal pesiar Diamond Princess, di perairan Yokohama, positif terkena virus Corona.

Seperti yang dilansir kompas.com, Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi mengaku, adanya tiga WNI yang positif corona tersebut diketahui setelah pihaknya menjalin komunikasi dengan Duta Besar (Dubes) Jepang.

Dimana, kata dia, dari pembicaraan tersebut diperoleh informasi bahwa, tiga dari 78 kru WNI dinyatakan confirm (positif).

Di kapal tersebut, menurut Retno, ada 446 orang yang positif corona. Adapun WNI yang menjadi kru di sana 78 orang.

"Dua dari tiga WNI yang positif Corona itu telah dibawa ke rumah sakit di Kota Chiba, Jepang. Sementara yang satunya sedang menjalani proses untuk menuju rumah sakit. Sehingga per detik ini, teman-teman, saya belum dapat menyampaikan satu WNI dibawa ke rumah sakit mana," kata Retno, saat ditemui awak media di kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Selasa (18/2/2020).

Baca Juga : Dunia Hiburan Tanah Air Berduka

Diberitakan sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan, pemerintah membantu penyediaan logistik 78 WNI di kapal Diamond Princess yang dikarantina di perairan Yokohama, Jepang, akibat ada penumpang yang tertular virus Corona.

"Tim kami dari KBRI Tokyo terus melakukan komunikasi dengan 78 kru WNI tersebut, bahkan kita sempat mengirim beberapa keperluan logistik mereka," ujarnya.

Ia mengatakan, pemerintah melalui KBRI Tokyo terus berkomunikasi dengan 78 WNI tersebut mengingat masa karantina mereka akan berakhir pada 19 Februari 2020.

Baca Juga : Fakta-fakta Helikopter yang Jatuh Menewaskan TNI Yonif 725/Woroagi

Ia juga mengaku sudah meminta Kementerian Kesehatan menyiapkan tim untuk berangkat ke Jepang. Nantinya tim tersebut akan memfasilitasi kepulangan para WNI jika diperlukan.

Dengan demikian, saat ini masih ada 75 WNI di atas kapal Diamond Princess.

Selain itu, Menlu Retno Marsudi secara resmi telah melayangkan tiga permintaan Pemerintah Indonesia kepada Pemerintah Jepang terkait keberadaan WNI yang menjadi kru kapal pesiar Diamond Princess di Perairan Yokohama, Jepang, saat bertemu dengan Dubes Jepang di Jakarta, Selasa (18/2/2020) pagi.

"Pertama meminta perhatian kondisi kesehatan para kru kapal, termasuk kru WNI yang jumlahnya 78," ucapnya.

Permintaan kedua adalah Pemerintah Indonesia meminta informasi detail terkait akan dilaksanakannya penanganan kasus virus corona di kapal Diamond Princess oleh Pemerintah Jepang pada 19 Februari 2020, besok.

Retno mengatakan, permintaan itu disampaikan lantaran sampai saat ini informasi memang masih terbatas.

"Yang ketiga meminta otoritas Jepang memastikan agar perusahaan dapat menjamin hak-hak kru tidak terbangkang," tutupnya.

Baca Juga : Pemprov Sultra Jemput Mahasiswa Setelah Dikarantina

Reporter: Fitrah Nugraha
Editor: Sumarlin

Baca Juga