Tim Dosen UHO Beri Penyuluhan Akuntansi ke Pesantren Hidayatullah Kendari

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Sabtu, 26 November 2022
0 dilihat
Tim Dosen UHO Beri Penyuluhan Akuntansi ke Pesantren Hidayatullah Kendari
Tim dosen Akuntansi UHO bersama pengelola Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah. Foto: Ist.

" Penyuluhan dan edukasi terhadap akuntansi pesantren dianggap penting untuk diketahui para pengelola pesantren itu sendiri "

KENDARI, TELISIK.ID – Pesantren sebagai lembaga pendidikan khusus harus mempunyai pengelolaan yang khusus juga dalam keuangannya. Oleh karena itu, penyuluhan dan edukasi terhadap akuntansi pesantren dianggap penting untuk diketahui para pengelola pesantren itu sendiri.

Tim dosen dari Lembaga Peneliti dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Halu Oleo (UHO) melakukan penyuluhan terkait pedoman akuntansi pesantren. Kegiatan tersebut diketuai oleh Fitriaman., S.E., M.SA dengan tiga anggotanya yakni Dr. La Ode Anto, SE., M.Si., Ak., QIA, DR. Erwin Hadisantoso, S.E., M.Si., Ak., CA, dan Sitti Nurnaluri, S.E., M.,Si.

Fitriaman sebagai ketua panitia mengatakan, penyuluhan tersebut dilakukan kepada pengelola Pesantren Hidayatullah Cabang Kendari dengan tujuan memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada pengelola yayasan pondok pesantren tersebut.

Suasana penyuluhan akuntansi pesantren kepada pengelola Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Kendari. Foto: Ist.

 

Ia menambahkan, pengelolaan akuntansi pesantren penting diketahui khususnya oleh staf keuangan pesantren untuk menyusun laporan keuangan pesantren sesuai dengan kaidah pedoman akuntansi pesantren yang disusun oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) dan Bank Indonesia (BI).

Baca Juga: Sudah Bayar Puluhan Juta Rupiah Calon Jemaah Umroh Ini Tak Kunjung Berangkat

Baca Juga: Menumbuhkan Jiwa Ekonomi Kreatif Melalui Interpreneur's Day

Tim dosen penyuluh lain, Erwin Hadisantoso menjelaskan, penyuluhan tersebut dilakukan dengan pendekatan persuasif edukatif, dengan memberi penjelasan teoritis disertai contoh aplikasi pada badan usaha yang sejenis.

Simbolis penyerahan modul pedoman akuntansi pesantren yang diberikan Tim Dosen Akuntansi UHO kepada pengelola Yayasan Pesantren Hidayatullah Kendari. Foto: Ist.

 

Ia berharap penyuluhan yang dilakukan selama satu bulan ini mampu membuat pesantren tersebut mempunyai laporan keuangan yang sistematis sesuai dengan pedoman penyusunan laporan keuangan pesantren. (B-Adv)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga