Tingkatkan Aksesibilitas Pendidikan, Pemda Kolaka Utara Serahkan Puluhan Unit Mobil Sekolah

Muh. Risal H, telisik indonesia
Jumat, 28 Juli 2023
0 dilihat
Tingkatkan Aksesibilitas Pendidikan, Pemda Kolaka Utara Serahkan Puluhan Unit Mobil Sekolah
Penyerahan mobil sekolah oleh Pj Bupati Kolaka Utara, Parinringi didampingi Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Muh Idrus di pelataran Kantor Dikbud Kolaka Utara. Foto: Muh Risal H/Telisik

" Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Utara melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), terus berupaya meningkatkan aksesibilitas pendidikan bagi anak sekolah dengan menyerahkan puluhan unit kendaraan roda empat jenis Suzuki Carry Pick Up ke desa-desa "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Utara melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), terus berupaya meningkatkan aksesibilitas pendidikan bagi anak sekolah dengan menyerahkan puluhan unit kendaraan roda empat jenis Suzuki Carry Pick Up ke desa-desa.

Bantuan tersebut disalurkan sejak tahun 2019 lalu. Hingga tahun ini Pemda Kolaka Utara telah mendistribusikan 86 unit mobil mini bus itu ke-86 desa dari 127 desa yang tersebar di Kolaka Utara.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kolaka Utara, Muh Idrus, program bantuan angkutan gratis untuk anak sekolah telah berjalan sejak tahun 2019 dan terus berlanjut sampai saat ini.

"Tiap tahun anggaran untuk program angkutan gratis ini dialokasikan sekitar 10 hingga 20 unit mobil," terangnya saat penyerahan mobil sekolah tahun ini, Kamis (27/7/2023).

Baca Juga: Pemda Kolaka Utara Serahkan 7 Rumah ke Korban Tanah Longsor

Kata dia, mobil sekolah tidak hanya terbatas pada transportasi anak-anak sekolah. Namun, dapat juga dimanfaatkan oleh masyarakat setempat di luar jam sekolah selama tidak bertentangan dengan regulasi, misal mengantar warga sakit dan lain sebagainya.

Mobil bantuan sekolah yang diperuntukkan untuk anak sekolah. Foto: Diskominfo Kolaka Utara

 

"Total mobil sekolah yang telah beroperasi hingga tahun ini mencapai 86 unit. Masih kurang 41 unit mobil untuk memenuhi kebutuhan seluruh desa di wilayah Kolaka Utara," bebernya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara, Parinringi menuturkan, penyerahan mobil sekolah merupakan inisiatif pemerintah daerah sebagai upaya meningkatkan aksesibilitas pendidikan bagi anak sekolah, meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan manfaat sosial bagi masyarakat setempat.

"Meskipun daerah mengalami keterbatasan dalam hal anggaran, upaya untuk menyediakan transportasi pendidikan akan tetap berlanjut," tegasnya.

Baca Juga: PT Riota Jaya Lestari Diduga Serobot Belasan Hektare Lahan Warga Kolaka Utara

Program mobil sekolah ini menjadi langkah maju dalam peningkatan mutu pendidikan di Kolaka Utara dan memberikan harapan untuk masa depan cerah bagi generasi muda ke depan.

"Semoga kehadiran program ini, akses pendidikan lebih mudah. Kualitas pendidikan semakin terjamin dan prestasi anak-anak sekolah di Kolaka Utara semakin gemilang," tukasnya.

Parinringi berharap, biaya operasional kendaraan tidak dimanfaatkan untuk kepentingan komersial. Hal itu penting dilakukan demi menjaga keberlanjutan program ini sehingga semua desa tersentuh dan pemerataan aksebilitas pendidikan dapat terwujud. (B-Info)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga