Tingkatkan Kualitas Pasar Global, UMKM Kendari Target Mancanegara

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 14 Desember 2022
0 dilihat
Tingkatkan Kualitas Pasar Global, UMKM Kendari Target Mancanegara
Pelatihan go global yang digelar oleh Kendari Preneur di salah satu hotel di Kota Kendari, kegiatan pelatihan ini adalah untuk mengakses dan membangun pasar global hingga ke mancanegara. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Peran pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam upaya membangun ekonomi selama masa COVID-19 cukup memberikan kontribusi dalam perekonomian "

KENDARI, TELISIK.ID - Peran pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam upaya membangun ekonomi selama masa COVID-19 cukup memberikan kontribusi dalam perekonomian.

Salah satu pelaku UMKM yang tergabung dalam Kendari Preneur melakukan kegiatan pelatihan "Go Global" di mana pelatihan ini bertujuan meningkatkan rasa kepekaan para pelaku UMKM untuk bersaing di kancah internasional.

Kendari Preneur adalah wadah resmi dari Pemerintah Kota Kendari yang menjalankan tata kelola UMKM dan menaungi seluruh UMKM yang berdomisili Kota Kendari.

Ketua Kendari Preneur, Nesty Zuniarti mengatakan, kegiatan Kendari Preneur merupakan pelatihan UMKM menuju go global, di mana dengan adanya pelatihan ini diharapkan para pelaku UMKM bisa meningkatkan kualitas serta keterampilan dalam berwirausaha.

Baca Juga: UBPN Antam Konawe Utara Ditetapkan Objek Vital Nasional

Selain itu, kegiatan UMKM menuju go global bida memacu pelaku UMKM untuk mencoba memasarkan dan meningkatkan usahanya bisa bersaing.

Ia menyebut, peran UMKM jika bersaing di kancah internasional juga bisa meningkatkan lapangan kerja, meningkatkan omset serta meningkatkan kepekaan terhadap peluang usaha yang ada.

Melansir Ekon.go.id, peran UMKM sangat besar untuk pertumbuhan perekonomian Indonesia, dengan jumlahnya mencapai 99?ri keseluruhan unit usaha. Kontribusi UMKM terhadap PDB juga mencapai 60,5%, dan terhadap penyerapan tenaga kerja adalah 96,9?ri total penyerapan tenaga kerja nasional.

Sekda Kota Kendari, Ridwansyah Taridala dalam membuka kegiatan ini mengungkapkan, peran UMKM di masa COVID-19 khususnya Kota Kendari cukup baik, ia berharap pelatihan Kendari Preneur bisa memotivasi para pelaku UMKM dalam berinovasi dan berkontribusi terhadap Kota Kendari.

Selain itu, kegiatan ini juga menghadirkan Steven Stenly yang merupakan salah satu pelaku UMKM yang kini memiliki usaha ekspor di bidang pertanian dengan nama perusahaan CV Best Farmer Indonesia.

Steven mengungkapkan, tak mudah menjadi entrepreneur dibawah usia 30-an, selebgram asal Kota Kendari ini juga menjelaskan perjalanan usahanya selama bergelut di dunia bisnis.

Baca Juga: Tingkatkan Kreativitas dan Semangat Bersaing Anak Sejak Dini

"Saya melihat bahwa produk pertanian unggulan yang ada di Sulawesi Tenggara di antaranya Kolaka Utara yang didominasi oleh cengkeh, Konawe Selatan dan Konawe yang memiliki produk jagung terbaik," ujarnya Rabu (14/12/2022).

Ia menyebut, banyak produk-produk unggulan lain ada di Sulawesi Tenggara, jika dimanfaatkan dengan baik tentu akan meningkatkan ekonomi.

Selain itu, ia menjelaskan ketika ingin melakukan kerjasama ataupun ekspor harus mengenal buyer terlebih dahulu. Steven bahkan sempat pernah mengalami kegagalan dalam menjalankan usahanya. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga