Tingkatkan Kualitas Puskesmas, Dinkes Kendari Siapkan Penerapan BLUD

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 30 September 2022
0 dilihat
Tingkatkan Kualitas Puskesmas, Dinkes Kendari Siapkan Penerapan BLUD
Kegiatan persiapan penerapan BLUD Puskesmas Kota Kendari yang dilakukan di salah satu hotel di Kota Kendari. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Kemendagri lakukan pembinaan dalam persiapan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Puskesmas se-Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebagai salah satu pelayanan publik, puskemas harus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat. Mengingat, puskemas adalah ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat paling dasar, sehingga peningkatan pelayanan dan pengolaannya harus benar-benar menjadi perhatian khusus.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) lakukan pembinaan dalam persiapan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Puskesmas se-Kota Kendari. Materi BLUD dibawakan oleh R Wisnu Saputro selaku Kasubdit BLUD, Direktorat BUMD, BLUD dan BMD.

BLUD adalah sistem yang diterapkan oleh unit pelaksana teknis dinas/badan daerah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang mempunyai fleksibitas dalam pengelolaan keuanga, sebagai pengecualian dari ketentuan pengelolaan daerah pada umumnya.

"Diharapkan dengan diterapkannya BLUD, bisa meningkatkan kualitas pelayanan publik, meningkatkan kinerja keuangan dan meningkatkan kinerja manfaat," tuturnya, Jumat (30/9/2022).

Berdasarkan Permendagri No 79 Tahun 2018 mengatur tentang penyelenggaraan BLUD yaitu sistem yang diterapkan oleh unit pelaksana teknis daerah/UPTD dan badan daerah, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang mempunyai fleksibilitas dalam pengelolaan keuangan sebagai pengecualian dari ketentuan pengelolaan daerah pada umumnya.

Baca Juga: Eks Pengurus PKS Jabat Direktur Perumda Pasar Kota Kendari

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, drg Rahminingrum mengatakan, kegiatan ini sebagai pembinaan dalam persiapan penerapan BLUD Puskesmas Kota Kendari.

"Dalam hal ini untuk memberikan pelayanan yang lebih baik pada masyarakat pada bidang kesehatan," katanya.

BLUD di Kota Kendari diharapkan dapat berjalan di semua stakeholder secara lebih efektif, efisien, ekonomis, transparan dan bertanggungjawab dengan memperhatikan asas keadilan, kepatutan dan manfaat sejalan dengan praktek bisnis yang sehat.

Pedoman nomenklatur dan unit kerja sekretariat daerah Kota Kendari terhadap pembinaan BLUD antara lain:

1. Menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis dan evaluasi BLUD.

2. Menyiapkan bahan koordinasi kebijakan teknis evaluasi BLUD.

3. Menyiapkan bahan penyusunan petunjuk pelaksanaan.

Tujuan dari BLUD ini antara lain:

Baca Juga: Berlayar dari Kendari, Luwuk hingga Gorontalo, Ini Jadwal Sabuk Nusantara 78 Periode Oktober 2022

1. Memberikan layanan umum secara lebih efektif, efisien, ekonomis, transparan, dan bertanggungjawab.

2. Memperhatikan asas keadilan, kepatutan, dan manfaat sejalan dengan praktek bisnis yang sehat.

3. Pengelolaannya di lakukan berdasarkan kewenangan yang di delegasi oleh KDH.

Panitia pelaksana kegiatan mengatakan, jika kegiatan ini merupakan rangkaian dalam penerapan BLUD Puskesmas se-Kota Kendari.

Kegiatan ini dibuka oleh Asisten II Kota Kendari, kegiatan ini juga dihadiri oleh Inspektorat Kota Kendari, BPKAD Kota Kendari, BPKP Provinsi Sulawesi Tenggara, Dinas Kesehatan Kota Kendari dan Puskesmas Kota Kendari sebagai peserta workshop. (B)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

Baca Juga