Pemkab Kolaka Timur Review Program Pencegahan dan Penurunan Stunting

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Sabtu, 24 Desember 2022
0 dilihat
Pemkab Kolaka Timur Review Program Pencegahan dan Penurunan Stunting
Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur, lakukan pertemuan review kinerja tahunan integritas stunting. Foto: Sigit Purnomo/ Telisik

" Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur melalui Badan Pendapat Daerah, Litbang bersama Dinas Kesehatan melakukan review penanganan stunting "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur melalui Badan Pendapat Daerah, Litbang bersama Dinas Kesehatan melakukan review penanganan stunting, Sabtu (24/12/2022).

Angka stunting di Kabupaten Kolaka Timur saat ini mencapai 22 persen merupakan yang terendah di Sulawesi Tenggara dan terus melakukan program penurunan stunting hingga 19 persen.

Kepala Bappeda Litbang, Mustakim Darwis menuturkan, review penanganan stunting ini adalah untuk mengukur aspek yang menjadi stunting di Kabupaten Kolaka Timur.

Baca Juga: 1.900 Personel Polda Nusa Tenggara Timur Siap Amankan Nataru, Miras Dilarang Keras

"Yang sebelumnya dilakukan oleh Kepala Dinas Kesehatan dan seluluh Puskesmas yang ada di Kolaka Timur," tambahnya.

Mustakim menuturkan, reveiw kali ini juga untuk melihat program penurunan stunting yang telah berjalan selama tahun 2022, mana yang masih kurang dan mana yang perlu diperbaiki.

Tempat sama, Plt Bupati Kolaka Timur, Abd Azis, mengucap terimakasih kepada semua pihak yang telah bersinergi dan bekerja keras dalam melakukan percepatan pencegahan dan penurunan stunting.

Azis juga mengatakan, review ini juga merupakan penilaian yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur, terhadap kinerja pelaksanaan program kegiatan pencegahan penurunan stunting.

"Tujuannya untuk mendapatkan informasi tentang capaian kinerja program kegiatan pencegahan penurunan stunting," tambahnya.

Ia juga berharap ke depannya dapat lebih mengidentifikasi faktor-faktor yang menghambat percepatan penurunan stunting di Kolaka Timur.

"Sehingga dapat merumuskan tindak lanjut perbaikan agar target kinerja dapat tercapai di tahun 2023," tutupnya.

Baca Juga: Kado Natal, PLN Tambah Sambungan Listrik untuk 15 Desa di Nusa Tenggara Timur

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan, Barwik Sirait menuturkan, pihaknya telah melakukan upaya untuk melakukan program-program pencegahan dan penurunan stunting.

"Kami bersama Puskesmas di Kabupaten Kolaka Timur, telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk melakukan pencegahan dan penurunan stunting," ucapnya.

Ia juga menuturkan pihaknya bahkan melakukan pemeriksaan secara langsung atau door to door kepada masyarakat. (A-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga