Tips Agar Berat Badan Tidak Turun Saat Puasa

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Kamis, 14 Maret 2024
0 dilihat
Tips Agar Berat Badan Tidak Turun Saat Puasa
Tak jarang sebagian orang mengeluhkan berkurang berat badannya saat berpuasa. Foto: Repro Kesehatan Kontan

" Tak sedikit yang merasa khawatir soal berat badan selama bulan Ramadan. Beberapa orang mengalami kenaikan berat badan karena perubahan pola makan, namun tak sedikit yang justru turun drastis "

KENDARI, TELISIK.ID – Tak sedikit yang merasa khawatir soal berat badan selama bulan Ramadan. Beberapa orang mengalami kenaikan berat badan karena perubahan pola makan, namun tak sedikit yang justru turun drastis.

Bagi orang yang tubuhnya cenderung kurus, hal ini jelas sebuah dilema. Tak jarang sebagian orang mengeluhkan berkurang berat badannya saat berpuasa.

Bagi yang sudah kurus dan tak ingin kehilangan lebih banyak berat badan, inilah beberapa cara agar berat badan tidak turun saat puasa.

Faktanya, jika dilakukan dengan benar, puasa sama sekali bukan ancaman untuk berat badan. Beberapa orang sukses menurunkan berat badan, namun Ramadan juga bukan momen yang mustahil untuk menaikkan berat badan hingga mencapai titik ideal.

Baca Juga: Sakit Kepala saat Puasa? Ini 5 Tips Jitu Mengatasinya

Dilansir dari Beautynesiaid, penurunan berat badang sendiri umumnya terjadi karena glukosa dalam tubuh akan terpakai habis setelah 5 jam. Setelahnya, tubuh akan menggunakan lemak sebagai sumber energi sehingga berat badan perlahan turun.

Walaupun sudah seharian berpuasa, menyantap terlalu banyak hidangan saat momen buka adalah perilaku kurang bijaksana. Kesalahan lain yang sering dilakukan adalah menyantap takjil terlalu banyak sehingga perutmu tak lagi punya banyak ruang untuk hidangan utama yang mengandung karbohidrat.

Melansir dari Idntimes.com, beberapa hal yang bisa dilakukan agar berat badan tidak turun saat berpuasa diantaranya :

- Penuhi kebutuhan kalori harian tubuh sama seperti hari biasa

Kebutuhan kalori pria dewasa adalah 2.500 kalori, sementara perempuan 2.000 kalori. Meskipun berpuasa, jangan berpikir bahwa kamu perlu mengurangi kebutuhan kalori harianmu. Kamu bisa mendapatkannya dari susu, keju, alpukat, dan kacang-kacangan.

- Tetap Makan 3 Kali Sehari

Sebagian orang mungkin hanya akan makan besar pada waktu berbuka sahur. Untuk kamu yang khawatir kalorimu gak terpenuhi, kamu bisa tetap makan tiga kali sehari.Kamu bisa membaginya menjadi waktu berbuka, sehabis tarawih, dan sahur.

- Jangan Pernah Lewatkan Sahur

Baca Juga: 5 Tips Ampuh Atasi Kulit Kering saat Puasa

Gak hanya berbuka, sahur jadi momen penting saat berpuasa. Itu karena sahur jadi saat terakhir kamu bisa makan sebelum kamu berpuasa hingga matahari terbenam. Selain itu, sahur juga jadi momen terbaik untuk makan dengan porsi besar, setelah kamu tidur malam. Dengan sahur, kamu bisa mencegah berat badanmu turun. Untuk itu, sebaiknya kamu makan mendekati waktu imsak atau Subuh.

- Olahraga Seperlunya

Jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk gak berolahraga. Rutin berolahraga penting agar gak ada penyusutan massa otot akibat gak adanya aktivitas fisik.

- Penuhi Kebutuhan Protein

Selain olahraga, konsumsi protein yang cukup juga bisa membantumu meminimalkan kehilangan massa otot. Selain itu, protein juga membantumu menjaga nafsu makan. Protein yang baik bisa kamu dapatkan dari ikan, telur, tahu, tempe, dan kacang-kacangan. (C)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga