Tips Agar Foto Profil WhatsApp Tidak Pecah

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 10 Juli 2023
0 dilihat
Tips Agar Foto Profil WhatsApp Tidak Pecah
Foto profil WhatsApp yang buram atau kabur tentunya tidak menarik untuk dilihat. Namun, Anda tidak perlu khawatir, sebab ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar foto profil WhatsApp tidak pecah. Foto: Velix.id

" Pernahkah Anda saat mengunggah foto profil di WhatsApp, hasil foto menjadi buram? Padahal foto yang terunggah memiliki kualitas asli yang bagus dan tinggi "

KENDARI, TELISIK.ID - Pernahkah Anda saat mengunggah foto profil di WhatsApp, hasil foto menjadi buram? Padahal foto yang terunggah memiliki kualitas asli yang bagus dan tinggi.

Foto profil WhatsApp yang buram atau kabur tentunya tidak menarik untuk dilihat. Namun, Anda tidak perlu khawatir, sebab ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar foto profil WhatsApp tidak pecah.

Mengutip Kompas.com, masalah ini biasanya tak jarang dirasakan juga oleh banyak pengguna. Namun perlu diketahui juga bahwa foto profil yang buram tersebut disebabkan oleh terjadinya kompresi gambar secara otomatis oleh WhatsApp.

Saat pengguna mulai mengunggah foto profil dengan resolusi lebih dari 500x500 piksel, maka WhatsApp secara otomatis akan mengompres kualitas gambar tersebut.

Baca Juga: Tips Hewan Peliharaan Terhindar dari Kutu

Selain melakukan pengeditan foto, Anda dapat mengatasinya dengan cara berikut:

1. Menghapus cache WhatsApp

Bisa jadi cache WhatsApp yang menumpuk menyebabkan foto profil buram. Untuk mempercepat kinerja aplikasi, WhatsApp menyimpan gambar, video, dan pesan di cache-nya. Namun, hal ini dapat menyebabkan gambar profil buram jika cache menjadi terlalu besar atau rusak.

Buka pengaturan Pilih "Aplikasi" > "Kelola Aplikasi" Pilih "WhatsApp" Pilih "Hapus data" dan klik "Bersihkan cache" Sebagai informasi, hal ini dilakukan pada ponsel Xiaomi Redmi Note 10S.

2. Mengedit foto profil

Untuk meningkatkan kualitas gambar, pengguna dapat mengedit foto profil terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan berbagai aplikasi edit foto untuk mempertajam gambar, salah satunya menggunakan Adobe Lightroom yang bisa diunduh di Play Store (Android) dan App Store (iOS). Setelah mengeditnya dengan mempertajam foto, filter, dan lain sebagainya, cobalah untuk mengunggah foto profil WhatsApp.

3. Gunakan foto kualitas tinggi

Dilansir dari Cnnindonesia.com, dengan memiliki kualitas foto yang tinggi, foto yang Anda ambil akan memiliki kualitas yang baik dan tidak akan buram saat digunakan sebagai foto profil WhatsApp. Caranya cukup dengan mengatur resolusi kamera dan memilih ukuran terbesar.

Selain mengubah pengaturan kamera di ponsel agar mendapatkan foto dengan kualitas yang baik, Anda juga dapat menggunakan foto yang diambil menggunakan kamera DSLR.

Kamera tersebut memungkinkan Anda memiliki foto beresolusi tinggi yang baik sehingga tidak akan buram saat digunakan menjadi foto profil WhatsApp.

Baca Juga: Cara Membuat Kuisioner dengan Google Form, Mudah dan Gratis

4. Perbarui WhatsApp

Jika Anda telah menggunakan ukuran rasio foto yang sesuai dan kualitas yang tinggi tetapi foto profil masih buram, mungkin Anda perlu memperbarui aplikasi WhatsApp dengan versi terkini.

Pasalnya, performa aplikasi yang belum diperbarui bisa saja tidak optimal sehingga memungkinkan penggunanya mengalami kualitas gambar yang buruk.

Caranya cukup dengan mengecek aplikasi WhatsApp Anda di Google Play dan iTunes App Store dan melakukan pembaruan jika diperlukan. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga