Tips Hilangkan Ngantuk di Pagi Hari

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Minggu, 28 Januari 2024
0 dilihat
Tips Hilangkan Ngantuk di Pagi Hari
Rasa kantuk di pagi hari adalah musuh utama yang bisa menghalangi produktivitas saat bekerja. Foto: Repro Bobo.id

" Rasa kantuk adalah musuh utama yang bisa menghalangi produktivitas saat bekerja, terutama di pagi hari "

KENDARI, TELISIK.ID - Pagi hari seringkali menjadi momen yang sulit bagi banyak orang untuk bangun dan tetap aktif. Ngantuk di pagi hari dapat menjadi tantangan. Tetapi dengan beberapa tips efektif, Anda dapat mengatasi rasa kantuk tersebut dan memulai hari dengan semangat.

Rasa kantuk adalah musuh utama yang bisa menghalangi produktivitas saat bekerja, terutama di pagi hari. Sehingga tak jarang banyak orang yang mencari tips untuk hilangkan rasa kantuk agar bisa beraktivitas normal.

Dilansir dari Halodoc.com, meskipun sarapan penting untuk memberi energi pada tubuh, hal ini mungkin memiliki efek sebaliknya jika kamu makan dalam porsi besar. Sarapan terlalu banyak dapat membuat tubuh berfokus mencerna makanan, sehingga muncul rasa kantuk saat kamu mencoba fokus bekerja.

Dikutip dari Siloamhospital.com, ada beberapa cara untuk menghilangkan rasa kantuk di pagi hari di antaranya:

Baca Juga: Tidur Terlalu Lama dapat Berbahaya bagi Tubuh

Minum Air saat Bangun Tidur

Cara menghilangkan ngantuk di pagi hari yang pertama adalah minum air mineral untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh yang berkurang selama tertidur. Ngantuk di pagi hari dapat disebabkan oleh kondisi dehidrasi. Sehingga dengan tercukupinya kebutuhan cairan tubuh, akan membantu Anda merasa lebih bugar dan siap beraktivitas.

Langsung Beranjak dari Tempat Tidur

Cara menghilangkan ngantuk di pagi hari selanjutnya adalah langsung beranjak dari tempat tidur. Pasalnya, berlama-lama di tempat tidur dapat membuat Anda kembali tertidur.

Mencuci Muka

Setelah beranjak dari tempat tidur, bergegaslah ke kamar mandi dan mencuci muka dengan air dingin untuk menghilangkan rasa kantuk. Basuhan air dingin di wajah dapat memberikan sinyal perubahan suhu sehingga tubuh akan meresponnya dengan meningkatkan fokus pikiran.

Baca Juga: Cara Dapatkan Tidur yang Cukup di Malam Hari

Mandi Air Dingin

Mandi menggunakan air dingin di pagi hari memberikan beragam manfaat, salah satunya adalah mencegah rasa ngantuk datang kembali. Selain itu, mandi air dingin rupanya juga bisa menurunkan risiko penyakit flu.

Mengonsumsi Makanan Bergizi di Pagi Hari

Apabila ingin mencegah rasa ngantuk di pagi hari saat bekerja, usahakan Anda tidak melewatkan sarapan. Melewatkan sarapan dapat menyebabkan rasa lapar datang lebih cepat, akibatnya Anda akan kekurangan energi sehingga lebih mudah mengantuk. (C)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga