4 Cara Atasi Panas Dalam dengan Mudah

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Rabu, 18 Januari 2023
0 dilihat
4 Cara Atasi Panas Dalam dengan Mudah
Panas dalam biasanya menjadi gejala awal tubuh akan terserang flu atau pilek, kondisi ini bisa anda cegah dengan berbagai cara yang mudah. Foto: Klikdokter.com

" Panas dalam sering dialami saat tubuh anda kekurangan vitamin C, gejala panas dalam sering dibarengi dengan sakit tenggorokan saat menelan makanan. Gejala panas dalam biasanya menjadi tanda awal tubuh akan terserang flu atau pilek "

KENDARI, TELISIK.ID - Panas dalam sering dialami saat tubuh anda kekurangan vitamin C, gejala panas dalam sering dibarengi dengan sakit tenggorokan saat menelan makanan. Gejala panas dalam biasanya menjadi tanda awal tubuh akan terserang flu atau pilek.

Kondisi yang menyerang mulut, tenggorokan dan pencernaan ini bisa diobati dengan berbagai macam cara yang mudah tanpa harus ke dokter.

Dikutip dari Okezone.com dan Halodoc.com, berikut cara obati panas dalam:

Baca Juga: 5 Cara Ini Bisa Bantu Berhenti Merokok

1. Berkumurlah dengan air garam

Berkumur dengan campuran air hangat dan garam dapat membantu meredakan gejala panas dalam. Campuran ini bisa dibuat dengan melarutkan ½ sendok teh garam ke dalam segelas air hangat.

2. Minum teh herbal

Beberapa obat herbal dikenal bermanfaat untuk melegakan tenggorokan, dan umumnya telah dikemas dalam bentuk permen atau jamu. Salah satunya, bisa minum teh herbal yang bisa menenangkan, seperti seduh dengan air panas dengan lemon dan madu.

3. Banyak minum air

Ternyata salah satu kondisi tubuh kekurangan cairan bisa sebabkan panas dalam. Ketika mengalami panas dalam, air putih akan membantu melembapkan tenggorokan, dan mencegah terjadinya dehidrasi.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Agar Mudah Salat Subuh di Awal Waktu

Disarankan tidak minum yang berkafein dan beralkohol, karena dapat membuat tubuh lebih cepat mengalami dehidrasi. Bahkan memperburuk kondisi panas dalam.

4. Istirahat

Tidak lupa pastikan anda beristirahat dengan cukup, untuk membantu memperkuat daya tahan tubuh dalam melawan kuman. Bagi orang yang tidak cukup tidur setiap malam, lebih mungkin untuk sakit, seperti masuk angin ataupun panas dalam.

Banyak istirahat, minum banyak cairan, dan tunggu gejala mereda. Tinggal di rumah selama 24 jam, setelah demam dan gejala mirip flu lainnya (menggigil, berkeringat, kulit memerah) hilang. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga