Tips Tanaman Hias Tetap Aman Meski Ditinggal saat Liburan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 27 Desember 2023
0 dilihat
Tips Tanaman Hias Tetap Aman Meski Ditinggal saat Liburan
Anda perlu mencoba beberapa tips agar tanaman hias tetap segar meski ditinggal liburan. Foto: Wikipedia.com

" Pergi ke luar kota berhari-hari saat liburan berarti juga meninggalkan beberapa pekerjaan di rumah. Sebut saja salah satunya merawat deretan tanaman hias kesayangan "

KENDARI, TELISIK.ID - Pergi ke luar kota berhari-hari saat liburan berarti juga meninggalkan beberapa pekerjaan di rumah. Sebut saja salah satunya merawat deretan tanaman hias kesayangan.

Sebagian orang pasti khawatir meninggalkan tanaman hiasnya di rumah tanpa perawatan selama beberapa hari. Rasa khawatir dan takut apabila tanaman hias layu dan mati karena tidak mendapatkan perawatan maksimal.

Namun, Anda tidak perlu terlalu khawatir, Anda bisa menerapkan beberapa tips agar tanaman hias tetap segar meski ditinggal bepergian, antaea lain:

1. Mengenal tanaman

Mengutip Cnnindonesia.com, tanaman hias yang disiram dengan baik akan bertahan selama beberapa hari tanpa air. Beberapa jenis tanaman hias juga bisa bertahan tanpa air dalam waktu seminggu, bergantung pada jenis tanamannya.

Baca Juga: Rahasia Merapatkan Miss V Secara Alami dan Aman Agar Pasangan Betah

Anda sebaiknya mengetahui jenis tanaman yang Anda miliki, berapa lama dia mampu bertahan tanpa air dan pencahayaan yang cukup. Hal ini akan membantu Anda mempersiapkan perjalanan dan mengetahui kapan tanaman membutuhkan air sehingga Anda bisa menjadwalkan penyiraman.

2. Beri nutrisi sebelum pergi

Jika Anda hanya pergi selama beberapa hari, maka beri tanaman air tepat sebelum Anda berangkat. Anda juga bisa memberi pupuk atau vitamin pada tanahnya sehingga tetap ternutrisi selama Anda berlibur.

Pastikan juga menempatkan tanaman hias pada tempat yang tepat. Beberapa tanaman hias tak bisa langsung terkena sinar matahari, sementara yang lainnya harus mendapatkan sinar matahari cukup.

3. Buat rumah kaca mini

Rumah kaca atau terarium bisa membantu menghidrasi tanaman ketika Anda bepergian lama. Anda bisa membeli terarium daur ulang air atau membuatnya sendiri. Jika Anda memilih untuk membuatnya sendiri, maka diperlukan kantong plastik bening, karet, dan handuk lembap.

Pertama, isi kantong plastik dengan air dan beri lubang kecil di beberapa sisi bawahnya. Kemudian, bungkus dengan handuk lembab, dan simpan di bagian bawah terarium Anda. Air dalam kantong plastik akan keluar sedikit demi sedikit dan membuat handuk tetap lembab sehingga tanah dalam terarium akan tetap terhidrasi.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba tips berikut:

Baca Juga: Ini Tips Mencuci Selimut Listrik yang Aman

4. Tambahkan mulsa ke tanaman

Mengutip Kontan.co.id, Mulsa dapat membantu tanaman mempertahankan kelembapan dan mencegah pertumbuhan gulma. Pastikan untuk menggunakan potongan rumput atau kompos daun, karena kaya akan nutrisi dan mudah digunakan.

5. Menyiram tanaman sebelum pergi

Tempatkan wadah di wastafel dan buka keran untuk menyirami tanaman dengan baik. Hal ini akan membuat media tumbuh dan dedaunan terhidrasi dengan baik. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga