Ini Tips Mencuci Selimut Listrik yang Aman

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 15 Desember 2023
0 dilihat
Ini Tips Mencuci Selimut Listrik yang Aman
Hampir semua selimut listrik modern bisa dicuci dengan mesin. Namun, sebagian besar produsen selimut listrik tidak disarankan siklus cuci penuh. Foto: Kolase

" Mencuci selimut listrik memiliki tantangan tersendiri. Namun, selimut listrik modern bisa dicuci dan dikeringkan dengan aman menggunakan mesin cuci dan pengering rumahan biasa "

KENDARI, TELISIK.ID - Mencuci selimut listrik memiliki tantangan tersendiri. Namun, selimut listrik modern bisa dicuci dan dikeringkan dengan aman menggunakan mesin cuci dan pengering rumahan biasa.

Anda sebaiknya mencuci selimut listrik yang baru dibeli dengan mesin cuci sebelum dipakai untuk pertama kalinya. Pastikan Anda memilih siklus cuci singkat dan lembut.

Anda juga perlu memastikan untuk mengeringkan selimut ini dengan suhu rendah kemudian mengeluarkannya dari mesin sebelum benar-benar kering seperti dikutip dari Wikihow.com.

Berikut ini beberapa cara mencuci yang sebaiknya Anda hindari saat mencuci selimut listrik dilansir dari Thespurace.com:

1. Siapkan selimut

Kibaskan selimut untuk menghilangkan sebanyak mungkin kotoran yang terlepas. Sebelum Anda memasukkan selimut listrik ke dalam mesin cuci, lepaskan semua kabel dan kontrolnya.

Baca Juga: Cara Buat Paspor Baru serta Syarat dan Biaya Pengurusan

Jika Anda punya selimut listrik dengan kabel kontrol yang tidak dapat dilepas, jangan cuci selimut tersebut dengan mesin. Sebagai gantinya, cucilah selimut secara manual dengan hati-hati agar kabel kontrolnya tidak sampai terendam air.

2. Rendam selimut

Sebagian besar produsen selimut listrik akan mengarahkan Anda merendam selimut antara 5-15 menit. Selain waktu merendam secara khusus, produsen selimut juga akan menganjurkan suhu air yang berbeda, dari dingin hingga hangat.

Jika tidak ada suhu maupun lama waktu merendam yang disebutkan secara khusus dalam petunjuk perawatan produk, cukup gunakan air dingin untuk merendam selimut selama 15 menit.

3. Jika menggunakan mesin cuci

Untuk mesin cuci standar dengan pengaduk sentral, sebarkan selimut secara merata di sekeliling drum. Anda mungkin perlu menambahkan beberapa handuk atau seprai yang tidak menghasilkan serat untuk menyeimbangkan beban, masukkan selimut secara longgar.

Mencuci selimut sebentar saja dengan siklus lembut, kemudian membilas. Siklus cuci singkat juga mungkin disarankan. Biarkan mesin diaduk selama dua hingga tiga menit, lalu lanjutkan ke siklus pembilasan. Setelah siklus pembilasan selesai, segera lepaskan selimut.

Hampir semua selimut listrik modern bisa dicuci dengan mesin. Namun, sebagian besar produsen selimut listrik tidak disarankan siklus cuci penuh.

Bahkan, sebagian besar selimut listrik hanya perlu dicuci selama beberapa menit di mesin dengan siklus "lembut" atau "delicate". Cukup gunakan sedikit detergen lembut. Jangan gunakan pembersih bahan kimia lain. Secara khusus, jangan pernah gunakan cairan pemutih untuk selimut listrik.

4. Keringkan

Gunakan pengaturan sejuk atau hanya udara di pengering Anda, yang terbaik adalah mengeringkan sebagian dalam pengering selama sekitar 20 menit, lalu melepas selimut selagi masih lembap dan membiarkannya mengering di udara pada jemuran< /span> atau rak pengering.

Baca Juga: Rekomendasi Laptop Murah untuk Pelajar

Panas yang tinggi dapat mengecilkan selimut dan merusak kabel. isolasi

Pastikan pengering Anda cukup besar agar selimut dapat berjatuhan dengan bebas. Jika ukurannya tidak cukup besar, gunakan mesin pengering laundry yang disetel pada suhu dingin atau keringkan saja

5. Seberapa sering mencuci selimut listrik

Selimut listrik yang dapat dicuci dengan mesin dapat dicuci setiap beberapa minggu atau sebulan sekali selama musim dingin. Namun, tangani dengan lembut, dengan bergantian antara pengeringan udara dan pengeringan mesin sebagai tindakan ekstra untuk menjaga sambungan interior selimut dalam kondisi baik. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga