5 Tips Jalani Puasa Ramadan Perdana bagi Mualaf

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 23 Februari 2024
0 dilihat
5 Tips Jalani Puasa Ramadan Perdana bagi Mualaf
Bulan Ramadan momen paling dinantikan umat Muslim di dunia, termasuk bagi para mualaf atau orang yang baru memeluk Islam. Foto: Idntimes.com

" Bulan Ramadan momen paling dinantikan umat Muslim di dunia, termasuk bagi para mualaf atau orang yang baru memeluk Islam "

KENDARI, TELISIK.ID - Bulan Ramadan momen paling dinantikan umat Muslim di dunia, termasuk bagi para mualaf atau orang yang baru memeluk Islam.

Bagi para mualaf, menjalani puasa Ramadan pertama kali bisa menjadi sebuah tantangan tersendiri karena tentu hal ini merupakan pertama kali bagi mereka.

Berikut tips yang perlu Anda perhatikan ketika belajar berpuasa seperti dikutip dari Okezone.com dan Republika.co.id:

1. Persiapkan mental

Mempersiapkan mental adalah kunci utama bagi mereka yang baru menjalani puasa. Anda harus mempersiapkan pikiran dan tubuh Anda sebelum memulai puasa.

Baca Juga: Ini Tips Mudah Cegah Rambut Lepek

Pertimbangkan juga rutinitas harian dan beban kerja Anda, lalu susun rencana yang sesuai dengan jadwal kerja, tidur, dan istirahat Anda. Dengan begitu, puasa pun akan terasa lebih ringan dan mudah setiap harinya.

2. Coba puasa sunnah

Berpuasa pada Senin dan Kamis adalah sunnah. Cobalah melakukannya beberapa kali sebagai langkah persiapan mental dan fisik menyambut Ramadhan.

Ia juga menyarankan mengevaluasi diri dan memperbaikinya. Jadi ketika Ramadhan datang, kamu tidak terlalu kaget dengan aturannya.

3. Buat target secara spiritual

Sangat penting untuk menyiapkan spirutual kita menyambut Ramadan. Buatlah rencana sederhana dan mudah untuk dipenuhi.

Coba buat satu atau dua target besar, kemudian beberapa target kecil yang mudah diraih. Ketika Ramadan usai, kita bisa merasakan manfaat karena bisa meraih target tersebut.

4. Penuhi kebutuhan minum

Berusahalah untuk minum setidaknya 8 gelas cairan setiap hari sebelum fajar dan setelah matahari terbenam, bahkan jika Anda tidak merasa terlalu haus. Pilih cairan yang tidak mengandung kafein, karena minuman berkafein dapat menyebabkan dehidrasi.

Ingat, berbuka puasa dengan air bukan hanya sebuah tradisi, tetapi juga memastikan tubuh Anda terhidrasi secara baik selama berpuasa. Tapi, jangan juga minum berlebihan, seperti minum air terlalu banyak sekaligus dalam satu waktu. Ini dapat mengencerkan elektrolit tubuh Anda, menyebabkan kondisi yang berpotensi fatal yang disebut keracunan air.

Baca Juga: Tips Pemilih Pemula Saat Pemilu

5. Pilih makanan bernutrisi

Ramadan bisa menjadi momen untuk mendetoksifikasi pikiran, jiwa dan tubuh. Jadi, ini saat yang tepat untuk menjauhi makanan tidak sehat sambil mencoba makan sebersih mungkin.

Selama berpuasa, tubuh Anda membutuhkan nutrisi yang baik untuk mengimbangi stres puasa. Oleh karena itu, siapkanlah menu sahur dan berbuka menggunakan sayuran, buah-buahan, protein tanpa lemak, lemak sehat (lemak dari tumbuhan, seperti minyak zaitun dan kacang-kacangan) untuk menjaga energi Anda selama puasa Ramadan.

Di samping itu, batasi juga asupan garam, terutama saat sahur, karena dapat meningkatkan rasa haus selama berpuasa. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga