TKBM Diharapkan jadi Satu-Satunya Wadah Tenaga Kerja Bongkar Muat di Pelabuhan

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Jumat, 28 Juni 2024
0 dilihat
TKBM Diharapkan jadi Satu-Satunya Wadah Tenaga Kerja Bongkar Muat di Pelabuhan
Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Tenggara inginkan Koperasi jasa Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) jadi satu-satunya jasa tenaga kerja di Pelabuhan. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Koperasi Jasa TKBM Tunas Bangsa Mandiri, itu sama sekali tidak ada masalah, mulai dari administrasi, kepengurusan serta kekuatan hukum, dan dukungan dari stakeholder itu sudah dimiliki oleh Koperasi TKBM Tunas Bangsa Mandiri "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Tenggara inginkan Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) dapat memperkuat ekonomi dan menjadi satu-satunya wadah tenaga kerja bongkar muat di Pelabuhan dan meningkatkan kompetensi kinerja koperasi yang modern, akuntabel, dan profesional.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Perizinan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Tenggara, Wawan Darmawan, dalam rapat anggota tahunan tahun buku 2023, Koperasi Jasa TKBM Tunas Bangsa Mandiri.

Wawan mengatakan, sesuai dengan aturan yang ada di setiap wilayah harusnya hanya memiliki 1 Koperasi TKBM. Namun, di Kota Kendari memiliki 2 Koperasi TKBM dimana 1 di bungkutoko dan 1 di pelabuhan Nusantara.

Wawan menjelaskan, Koperasi Jasa TKBM Tunas Bangsa Mandiri, itu sama sekali tidak ada masalah, mulai dari administrasi, kepengurusan serta kekuatan hukum, dan dukungan dari stakeholder itu sudah dimiliki oleh Koperasi TKBM Tunas Bangsa Mandiri.

Wawan juga menyampaikan sesuai dengan Permenkopukm RI No.19 Tahun 2015. Evaluasi selama masa 1 tahun buku dapat dievaluasi bersama-sama dan partisipasi aktif serta saran dan kritik yang membangun dari anggota sangat diutamakan.

Baca Juga: Vonis Penggelapan Uang Koperasi TKBM Tunas Mandiri Diwarnai Tangisan

Ia menjelaskan, koperasi ini juga diharapkan dapat mempedomani dan wajib mematuhi regulasi yang berlaku tentang perkoperasian. Koperasi yang tertib dan sehat akan menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi para anggotanya, karena anggota adalah pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi.

"Kinerja koperasi diharapkan dapat menjadi lebih baik di tahun buku selanjutnya, tentunya dengan peran serta semua unsur di dalamnya," ungkapnya.

Sementara itu, Kasubag Advokasi dan Publikasi Kementrian Koperasi RI, Ignatius Bona Sakti sangat mengapresiasi Koperasi TKBM Tunas Bangsa Mandiri yang tidak hanya melibatkan pembina namun juga melibatkan APH, serta Masyarakat untuk terlibat dalam setiap kegiatannya.

Baca Juga: TKBM Curhat Soal Kondisi Pelabuhan ke Polres Muna

Ia berharap, dengan sifat koperasi yang tidak terbatas agar tidak hanya terpaku pada TKBM saja tetapi bisa melebarkan usahanya seperti membuat toserba atau pom bensin mini.

Tempat yang sama, Bendahara Koperasi TKBM Tunas Bangsa Mandiri, Asnawir mengatakan, agar seluruh anggota Koperasi TKBM dapat lebih berkembang dan sejahtera.

Sehingga, lanjut Asnawir, pihaknya akan melaksanakan program yang dapat mengembangkan usaha lebih besar serta membuka usaha di bidang jasa selain jasa tenaga kerja di pelabuhan. (A)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga