Tradisi Unik Berbuka Puasa di Berbagai Negara

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 10 April 2023
0 dilihat
Tradisi Unik Berbuka Puasa di Berbagai Negara
Di Mesir memiliki tradisi unik, salah satunya yaitu kudapan bernama kunafa. Kunafa terbuat dari tepung gandum yang diisi dengan aneka isian, seperti keju, krim, kismis atau kacang. Foto: Beautynesia.id

" Banyak tradisi ramadan di berbagai negara yang mungkin belum diketahui. Pada ramadan ini banyak negara yang melaksanakan tradisi unik dan berbeda dengan ciri khas masing-masing "

KENDARI, TELISIK.ID - Banyak tradisi ramadan di berbagai negara yang mungkin belum diketahui. Pada ramadan ini banyak negara yang melaksanakan tradisi unik dan berbeda dengan ciri khas masing-masing. 

Beberapa negara biasanya memiliki tradisi unik dalam menyambut bulan ramadan. Berikut ini tradisi unik menyambut dan melaksanakan bulan ramadan di beberapa negara seperti dikutip dari Bisnis.com dan Beautynesia.id

1. Tradisi Chaand Raat di Pakistan

Tradisi ramadan di berbagai negara yang pertama dari pakistan. Tradisi yang dilaksanakan di Pakistan ini berlangsung di penghujung Ramadan. Tradisi ini hanya dilakukan oleh laki-laki. Chaand raat dilakukan oleh para wanita muslim yang ada di negara Pakistan. Para wanita akan pergi ke pasar lokal untuk membeli gelang warna-warni dan mewarnai tangan mereka dengan pacar.

Baca Juga: Tradisi Unik Masyarakat Kota Kendari Jelang Ramadan

2. Garangaou di Qatar

Ini merupakan festival khusus anak-anak di Qatar yang rutin diadakan setiap tanggal 13-15 di bulan ramadan. Penyelenggaraan Garangaou sendiri akan dilakukan setelah buka puasa. Anak-anak akan melakukan pawai sambil bernyanyi, kemudian berhenti di setiap rumah untuk meminta kue atau permen.

Menariknya lagi pakaian antara anak laki-laki dengan anak perempuan memiliki perbedaan. Biasanya anak laki-laki akan memakai baju hitam dengan rompi merah. Sedangkan anak perempuan akan memakai pakaian tradisional Qatar, yaitu dishdashas.

3. Seheriwalas atau Zohridaars di India

Tradisi ini biasanya dilakukan selama bulan puasa ramadan. Budaya unik ini awalnya berasal dari nama kota kuno yang bernama Mughal. Tradisi ini dimulai dengan orang-orang berjalan di sekitar kota pada pagi hari sebelum fajar selama bulan puasa ramadan.

Baca Juga: 5 Tradisi Unik yang Hanya Ada di Indonesia

4. Tradisi Nafar di Maroko

Selama bulan puasa ramadan, wilayah Maroko sendiri akan dikelilingi oleh Nafar. Nafar sendiri adalah seorang penyiar atau criwe yang akan menggunakan pakaian adat gandora, sandal dan topi. Nafar ini akan berkeliling wilayah Maroko dan setiap jalanan sempit akan bernyanyi. 

5. Kudapan kunafa di Mesir

Negara Mesir juga memiliki tradisi unik saat buka puasa, yaitu menyantap kunafa, kue khas Mesir. Hidangan pencuci mulut ini memiliki cita rasa yang manis. Kunafa terbuat dari tepung gandum yang diisi dengan aneka isian, seperti keju, krim, kismis atau kacang. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga