Tradisi Unik Masyarakat Kota Kendari Jelang Ramadan

Elfinasari, telisik indonesia
Rabu, 22 Maret 2023
0 dilihat
Tradisi Unik Masyarakat Kota Kendari Jelang Ramadan
Masyarakat ramai beli ayam kampung jelang ramadan di Kota Kendari Foto: Elfinasari/Telisik

" Masyarakat di Kota Kendari memiliki tradisi unik menjelang ramadan yaitu membeli ayam kampung. Meskipun harganya naik hingga mencapai Rp200.000 per ekor, masyarakat tetap membeli karena momen tersebut dianggap langka dan spesial "

KENDARI, TELISIK.ID - Masyarakat di Kota Kendari memiliki tradisi unik menjelang ramadan yaitu membeli ayam kampung. Meskipun harganya naik hingga mencapai Rp200.000 per ekor, masyarakat tetap membeli karena momen tersebut dianggap langka dan spesial.

Menurut Hendra selaku penjual ayam kampung, permintaan pasar untuk ayam kampung meningkat menjelang ramadan karena masyarakat menggunakannya sebagai bahan makanan untuk sahur dan berbuka di awal puasa.

Sementara Samsudin pembeli ayam di Kota Kendari mengatakan, puasa dan lebaran permintaan pasar untuk ayam kampung dan bahan pokok lainnya lebih banyak di banding hari biasa.

Baca Juga: Kebersihan Makanan di Pelabuhan dan Bandara Minim, Pemerintah Lakukan Ini

Baca Juga: Burger, Makanan Cepat Saji yang Diminati

"Namanya juga setahun sekali," imbuhnya.

Menurut pembeli lainnya Darmawati mengatakan, hidangan ayam menjadi salah satu menu favorit ia dan keluarga saat ramadan.

Dilansir dari Wikipedia.org tradisi unik masyarakat di Sulawesi Tenggara menjelang ramadan salah satunya adalah tradisi haroa. Pada tradisi ini akan disajikan makanan berupa sepiring nasi minyak tertutup telur yang berada di tengah talang dan kue tradisional serta Manu nasu wolio (ayam masak kampung khas wolio) yang disajikan dalam cangkir. (A)

Penulis: Elfinasari

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga