Meledak, SPBU Tapak Kuda Nyaris Ludes

La Ode Muh Martoton, telisik indonesia
Sabtu, 06 Agustus 2022
0 dilihat
Meledak, SPBU Tapak Kuda Nyaris Ludes
Ketgam: Sebuah mesin dispenser bahan bakar di SPBU Tapak Kuda Kota Kendari mengalami korsleting arus pendek yang menimbulkan ledakan dan percikan api. Foto: Ist.

" SPBU Tapak Kuda By Pass Kelurahan Korumba, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, mekedak dan nyaris ludes terbakar diduga akibat korsleting listrik arus pendek, Sabtu (6/8/2022) sekitar pukul 17:10 Wita "

KENDARI, TELISIK.ID - SPBU Tapak Kuda By Pass Kelurahan Korumba, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, mekedak dan nyaris ludes terbakar diduga akibat korsleting listrik arus pendek, Sabtu (6/8/2022) sekitar pukul 17:10 Wita. Akibatnya, aktivitas SPBU Tapak Kuda ditutup sementara.

Dijelaskan saksi mata, Pengawas SPBU Yanuar (30), sekitar pukul 17.10 Wita, SPBU Tapak Kuda terjadi pengisian BBM jenis pertalite terhadap 1 unit mobil Hondra Brio berwarna silver. Hingga diduga terjadi arus pendek korsleting di pulau 1 mesin dispenser SPBU, di mana diduga resistor.

"Melihat percikan api di pulau 1 saya lalu menekan tombol emergency di mesin dispenser dan mengambil 1 buah APKAR, lalu menyemprotkan ke mesin dispenser," ujarnya.

Kapolresta Kendari, Kombes Pol Muhammad Eka Fathurrahman membenarkan kejadian tersebut, pihaknya telah menurunkan personel di lokasi kejadian. Dari hasil pemeriksaan sejumlah saksi, penyebab korsleting listrik karena tegangan yang naik turun.

Baca Juga: Kota Kendari Tersentuh IBM KOTAKU untuk Cegah Banjir

"Setelah memeriksa mesin dispenser pulau 1, 2, 3 dan 4. Saksi menemukan di dalam mesin dispenser/pompa SPBU di pulau 1 ada komponen (resistor) hangus, diduga penyebabnya arus tegangan listrik yang naik turun," ungkapnya.

Baca Juga: Biaya Pendaftaran Rp 100 Juta dan Sejumlah Syarat Calon Ketua PERADI Kendari Disoal

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kali ini, bahkan regu pemadam kebakaran yang turun ke lokasi hanya melakukan pendataan karena api yang masih bisa ditangani oleh pegawai SPBU.

Sejauh ini SPBU Tapak Kuda menutup sementara penjualan BBM. Pihak depot Pertamina dan teknis SPBU akan melakukan pengecekan terhadap semua mesin dispenser SPBU. Sementara untuk korban jiwa dan kerugian atas kejadian itu tidak ada. (B)

Penulis: La Ode Muh Martoton

Editor: Kardin

Baca Juga