Tugu Religi Buton Tengah Bakal Jadi Ikon Daerah, Ini Desain dan Filosofinya

Mutarfin, telisik indonesia
Senin, 22 November 2021
0 dilihat
Tugu Religi Buton Tengah Bakal Jadi Ikon Daerah, Ini Desain dan Filosofinya
Pembangunan Tugu Religi Buton Tengah. Foto: Mutarfin/Telisik

" Pemerintah Buton Tengah (Buteng) kini gencar melakukan pembangunan. Salah satunya Tugu Berkah yang terletak di Simpang Lima Labungkari "

BUTON TENGAH, TELISIK.ID - Pemerintah Buton Tengah (Buteng) kini gencar melakukan pembangunan. Salah satunya Tugu Berkah yang terletak di Simpang Lima Labungkari.

Tugu ini nantinya akan menjadi aset wisata religi yang ada di Buton Tengah.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Buteng, Aminuddin SE menjelaskan, pengerjaan dasar tugu tersebut sudah dilakukan dan tak lama akan rampung.

"Proses pengerjaan tugu tersebut sudah mencapai 60,9 persen pada bulan November ini. Bisa diliat dari besi rangka bangunan yang sudah menjulang tinggi ke langit," ungkapnya, Senin (22/11/2021).

Ia menambahkan, tugu religi ini melambangkan daerah Buton Tengah yang berkah, yang menjadi filosofinya. Dan yang paling paham terkait filosofi tersebut adalah bupati Buton, sebab ia yang inginkan supaya tugu religi ini bisa berdiri sebagai ikon Buton Tengah.

Salain itu, dalam perencanaan desainya pembangunan tugu ini banyak mengandung filosofi Islam. Tugu tersebut nantinya akan memiliki kubah dan akan dipasangkan replika Al-Quran dengan tulisan Arab Iqra, surat pertama yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga: Tari Lulo Dilarang, Massa Protes Pemda

Baca Juga: Kerjasama Maritim dan Pertahanan, Jatim Gandeng Kerajaan Denmark

Tak hanya itu, filosofis lainnya yang melekat dalam tugu adalah jumlah anak tangga sebanyak 17 buah. Melambangkan jumlah rakaat salat lima waktu sehari semalam.

Tugu juga dibuat lima sudut yang menghadap lima simpangan Labungkari. Lima sudut ini melambangkan jumlah rukun Islam atau lima waktu salat. (C-Adv).

Reporter: Mutarfin

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga