Tumpukan Sampah Sambut Wisatawan di Pelabuhan Feri Wanci Wakatobi

Wiwik Prihastiwi, telisik indonesia
Minggu, 25 Juni 2023
0 dilihat
Tumpukan Sampah Sambut Wisatawan di Pelabuhan Feri Wanci Wakatobi
Pemandangan tak elok, tumpukan sampah di Pelabuhan Feri Wanci, Kabupaten Wakatobi. Tumpukan sampah ini tak diangkut selama berhari-hari. Foto: Wiwik Prihastiwi/Telisik

" Tumpukan sampah di Pelabuhan Feri Wanci yang berada di Kecamatan Wangi-Wangi, merupakan sampah lama yang dibiarkan begitu saja "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Kebupaten Wakatobi dikenal sebagai daerah wisata. Namun pelabuhannya sebagai pintu gerbang keluar masuk wisatawan, malah menyuguhkan tumpukan sampah yang tidak dibersihkan selama berhari-hari.

Pantauan Telisik.id, tumpukan sampah di Pelabuhan Feri Wanci yang berada di Kecamatan Wangi-Wangi, merupakan sampah lama yang dibiarkan begitu saja. Pemandangan tak elok sering terlihat, sementara penumpang keluar masuk melewati tumpukan sampah tersebut.

Salah seorang penumpang, Saleh Hanan mengungkapkan, pelabuhan feri biasanya otoritas Dishub provinsi. Menurutnya, petugas atau cleaning service pelabuhan seharusnya mengumpulkan sampah dan dibawa ke tempat pembuangan sementara (TPS) yang dapat dijangkau oleh petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Karena menurut dia, hal itu bukan hanya menganggu pemandangan tapi juga ditakutkan sampah tersebut diterbangkan angin ke laut. Jadi mestinya, pengelola pelabuhan bertanggung jawab atas itu.

"Ada kontainer sampah di depan Pelabuhan Wanci dan jaraknya hanya 100-an meter dari dermaga feri," ujarnya.

Baca Juga: Tumpukan Sampah di Pasar Ranomeeto Konawe Selatan Ganggu Warga, Keluhkan Bau Busuk jika Musim Penghujan

Bendahara Pelabuhan Feri Wanci, Aris mengungkapkan, pelabuhan ini memiliki cleaning service yang bertugas mengumpulkan sampah yang berserakan. Namun oleh mereka, sampah tersebut dikumpulkan di tempat yang telah disepakati dengan petugas kebersihan DLH Wakatobi. Dimana tempat sampah tersebut berada di dalam wilayah Pelabuhan Wanci yang kemudian diangkut oleh petugas DLH.

Aris melanjutkan, sebelumnya petugas kebersihan DLH selalu datang mengangkut sampah yang sudah dikumpulkan oleh petugas kebersihan pelabuhan.

"Sebelumnya petugas kebersihan DLH sering datang ngangkut sampah sampai ke dalam. Tetapi sekarang tidak pernah datang lagi. Kebanyakan di sini sampah kita bakar, karena tempat sampahnya diangkut juga sama petugas DLH dan tidak dikembalikan lagi," tuturnya, Minggu (24/6/2023).

Baca Juga: Potret Jalan Rusak dan Tumpukan Sampah Sekitar Asrama Haji Kendari

Aris juga mempertanyakan zona kerja pengangkutan sampah petugas kebersihan DLH. Apakah hanya instansi pemda atau seluruh instansi yang ada di Wakatobi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Wakatobi, Jaemuna mengungkapkan, petugas kebersihan DLH hanya membersihkan bagian luar pelabuhan.

"Kalau di dalam pelabuhan, itu tanggung jawab mereka," tulis Jaemuna saat dikonfirmasi melalui WhatsApp, Minggu (24/6/2023). (A)

Penulis: Wiwik Prihastiwi

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga