Tuntut Transparansi Dana COVID-19, Mahasiswa Rusak Ruang Kantor DPRD Makassar

Marwan Azis, telisik indonesia
Selasa, 01 September 2020
0 dilihat
Tuntut Transparansi Dana COVID-19, Mahasiswa Rusak Ruang Kantor DPRD Makassar
Mahasiswa HMI Korkom Tamalate saat merusak ruang kerja DPRD Kota Makassar pagi tadi. Foto: Ist.

" Kalau kami tidak melakukan tindakan seperti itu, tidak mungkin ini anggota dewan datang. "

MAKASSAR, TELISIK.ID - Menuntut transparansi anggaran pengelolaan dana COVID-19 di Kota Makassar, beberapa mahasiswa dari HMI Korkom Tamalate mengobrak-abrik ruang rapat Kantor DPRD Makassar, di Jalan AP Pettarani, Makassar, Selasa (1/9/2020).

Para mahasiswa ini tersulut emosi karena tidak ada satu pun Anggota DPRD Makassar yang menemui mereka saat unjuk rasa kemarin, Senin (31/08/2020).

Mahasiswa yang menginap di Kantor DPRD, kemudian membanting meja dan kursi pimpinan di ruang rapat paripurna karena bentuk kekesalan mereka kepada anggota dewan, Selasa (1/9/2020), karena tak kunjung ditemui oleh Anggota DPRD.

Beruntung amukan mahasiswa ini berhasil diredam anggota kepolisian yang berjaga-jaga di sekitar lokasi. Selain itu, salah satu Anggota DPRD Makassar dari Fraksi Gerindra, Kasrudi yang saat itu berada di gedung DPRD Kota Makassar, berusaha menenangkan mahasiswa.

Ketua HMI Korkom Tamalate Cabang Makassar, Ilham Darmawan, saat dikonfirmasi membenarkan insiden itu dan mengaku siap bertanggungjawab atas insiden tersebut.

Baca juga: 539 Santri di Banyuwangi Terpapar COVID-19, Pemprov Siapkan Makanan Bergizi

"Terkait persoalan insiden yang kami lakukan, kami secara kelembagaan bertanggungjawab atas persoalan itu," kata Ilham Darmawan, Selasa (1/9/2020).

Menurutnya, amukan di ruang paripurna itu membuahkan hasil. Pasalnya, pasca kejadian, seorang anggota DPRD dari Fraksi Gerindra, Kasrudi, akhirnya menemui mahasiswa.

"Kalau kami tidak melakukan tindakan seperti itu, tidak mungkin ini anggota dewan datang," cetusnya.

Dalam tuntutannya, massa HMI Korkom Tamalate mendesak Pemerintah Kota Makassar dan DPRD Makassar membuat pelaporan pengelolaan dana penanggulangan COVID-19 secara transparan dan dilaporkan ke publik yang dapat diakses secara online.

Pasca insiden pengrusakan ruang rapat gedung DPRD Kota Makassar, beberapa mahasiswa HMI Korkom Tamalate dipanggil pihak kepolisian untuk dimintai keterangan terkait insiden tersebut.

Reporter: Rezki Mas'ud

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga