Turis Tanggapi Sajian Pekande-kandea Festival Teluk Pasarwajo Buton

Febriyani, telisik indonesia
Selasa, 05 September 2023
0 dilihat
Turis Tanggapi Sajian Pekande-kandea Festival Teluk Pasarwajo Buton
Turis saat menikmati hidangan pekande-kandea mengaku sangat suka dengan kuliner di Buton. Foto: Febriyani/Telisik

" Acar pekande-kandea di penutupan Festival Teluk Pasarwajo berhasil memanjakan para tamu yang hadir, terutama peserta Sail to Indonesia "

BUTON, TELISIK.ID - Acar pekande-kandea di penutupan Festival Teluk Pasarwajo berhasil memanjakan para tamu yang hadir, terutama peserta Sail to Indonesia.

Pekande-kandea merupakan tradisi makan bersama seluruh masyarakat Buton, sebagai simbol rasa syukur kepada tuhan yang maha esa atas keberlimpahan hasil panen.

Peserta Sail to Indonesia mengaku bersyukur, angin membawa mereka pada pulau yang belum terjamah oleh dunia. Sehingga dapat menikmati sajian kuliner dengan kelezatan yang khas.

Salah satu turis, Mr Raul mengatakan, pekande-kandea luar biasa, semua bawa makanan yang disimpan dalam talang khas Buton. Ia mengaku belum pernah menjumpai talang seperti itu sebelumnya.

Baca Juga: Pekande-kandea, Sajian Penutup Festival Teluk Pasarwajo Buton

"Rasa makananya lezat, cita rasa yang unik dan rempah khas Indonesia. Kita makan bersama begitu menambah rasa nikmat. Ini acara makan bersama yang unik menurutku, tapi luar biasa untuk Buton," ungkapnya, Selasa (5/9/2023).

Ia menambahkan ingin berkunjung lagi ke Buton, bahkan sebenarnya dia tidak ingin ke Buton, hanya karena rayuan teman akhirnya dia ikut berlabuh ke Buton.

Wisatawan mancanegara (wisman) lainnya, Mrs Lin mengaku sangat menikmati setiap sajian yang ada di hadapanya. Bahkan dia bungkus beberapa makanan untuk ia bawa ke kapal. Menurutnya, orang Buton sangat ramah dan masakan yang mereka buat sendiri sangat lezat.

Baca Juga: Keterbatasan Alat, BPBD Buton Selatan Modifikasi Tandon Jadi Tangki Trailler Salurkan Air Bersih

Menurutnya, acara pekande-kandea menjadi salah satu bentuk besar keramahan orang-orang Buton, betapa ia bersyukur bisa singgah di Buton, dia dilayani dengan baik dan orang-orangnya sangat sopan.

"Saya ingin singgah lagi ke Buton, pulau yang luar biasa. Kami sangat menikmati ini. Makananya sangat lezat dan saya bawa pulang beberapa kue yang rasanya sangat unik dan lezat. Pokoknya Buton luar biasa," bebernya

Pekande-kandea berhasil memukau para wisman, dengan kuliner yang lezat dan keramahan warga Buton memberi kesan terbaik bagi para peserta Sail to Indonesia.

Dari awal mereka singgah di Buton sudah dijamu dengan baik, hingga kini hendak bertolak dari Buton disajikan pekande-kandea sebagai jamuan penutup. (B)

Penulis: Febriyani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga