UHO Kendari Terima 8 Ribu Lebih Mahasiswa Baru, Terbanyak FKIP dan Paling Sedikit Peternakan

Erni Yanti, telisik indonesia
Minggu, 01 September 2024
0 dilihat
UHO Kendari Terima 8 Ribu Lebih Mahasiswa Baru, Terbanyak FKIP dan Paling Sedikit Peternakan
Momen penyerahan Almamater oleh Rektor UHO Kendari kepada masing-masing perwakilan mahasiswa setiap fakultas. Foto: Erni Yanti/Telisik

" Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari menerima 8.517 mahasiswa baru. paling banyak Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan paling sedikit Fakultas Peternakan "

KENDARI, TELISIK.ID - Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari menerima 8.517 mahasiswa baru. paling banyak Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan paling sedikit Fakultas Peternakan.

Penyambutan mahasiswa baru UHO Kendari itu dilaksanakan di Lapangan Mini UHO dan sekaligus penyerahan almamater oleh Rektor UHO kepada perwakilan masing-masing fakultas, Minggu (1/9/2024).

Rektor UHO Kendari, Muhammad Zamrun Firihu menyampaikan selamat datang kepada seluruh mahasiswa baru tahun 2024. Ia berharap, mahasiswa dapat berkontribusi dan berpartisipasi pada Indonesia emas tahun 2024.

Ia menyampaikan jumlah mahasiswa baru terbanyak di FPIK dengan jumlah mahasiswa mencakup 23 persen dari jumlah total seluruh mahasiswa UHO Kendari tahun 2024.

Baca Juga: Tumpahan Oli dari Truk Berhamburan di Jalan Kendari, Bikin Pengendara Tergelincir

"Sekitar 8.517 (jumlah mahasiswa baru 2024) dan hampir berapa tahun berturut-turut ternyata jumlah mahasiswa perempuan lebih banyak dibandingkan laki-laki, seperti tadi 61 persen mahasiswa perempuan, sementara 38 persen jumlah mahasiswa laki-laki," kata Zamrun.

Kemudian fakultas dengan jumlah mahasiswa paling sedikit yakni Fakultas Keguruan dengan jumlah mahasiswa kurang lebih 100 orang.

Ia mengatakan, sebagai mahasiswa UHO berhak untuk mendapatkan hak-haknya di UHO, hak akademik maupun non akademik.

"Sekarang semua warga negara khususnya Universitas Halu Oleo berhak untuk mendapatkan pendidikan, selama memenuhi syarat-syarat yang ditentukan," terangnya.

Lebih lanjut, kata Zamrun, melihat minat mahasiswa yang berasal dari luar Sulawesi Tenggara menunjukkan bahwa UHO Kendari sudah dikenal dari Sabang sampai Merauke.

"Memang itu menjadi nilai buat kita, jadi kedepannya ini kita dalam fase memperkenalkan UHO di kanca regional dan Asia Tenggara," ucap Zamrun.

Sementara itu, Dekan Fakultas Peternakan UHO Kendari, Ali Bain menyampaikan, jumlah mahasiswa yang masuk di Fakultas Peternakan sekitar 118 orang, dibandingkan tahun sebelumnya, dimana tahun ini berkurang.

"Tahun ini kita berkurang, itu karena beberapa alasan, ada yang tidak mendaftar ulang dan ada juga faktor ekonomi," kata Ali.

Untuk mengatasi kondisi tersebut, pihaknya terus berupaya mensosialisasikan dan mengevaluasi kinerja fakultas untuk membuka paradigma mahasiswa terkait keberadaan Fakultas Peternakan di UHO Kendari.

"Sosialisasi lebih proaktif lagi, bahwa Fakultas Peternakan itu tidak hanya menunggu bola tapi sosialisasi di sekolah-sekolah bahwa sebenarnya prodi ini yang paling prospek," jelasnya.

Fakultas Peternakan sendiri memiliki akreditasi Baik dan saat ini tengah mengikuti akreditasi internasional dan hanya diikuti beberapa fakultas saja.

Baca Juga: Kemenkumham Sultra Raih Penghargaan Mitra Kerja Terbaik di Milad UMK ke-23

"Mudah-mudahan melalui akreditasi internasional ini menjadi daya tarik untuk masuk di Fakultas Peternakan," ucapnya.

Salah seorang mahasiswa Fakultas Pertanian UHO Kendari, Hikmah menyampaikan bahwa penyambutan hari ini luar biasa dengan melaksanakan Paper mob.

Hal ini katanya, menjadi kesan tersendiri sebagai seorang mahasiswa baru yang turut baru masuk kampus hijau Universitas Halu Oleo.

Ia berharap kegiatan kampus dapat berjalan dengan baik dan dapat secara aktif menjadi mahasiswa serta menyelesaikan studi tepat waktu. (A)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga