UHO Kini Punya Jurusan Jurnalistik Kategori Baik Sekali

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Selasa, 07 September 2021
0 dilihat
UHO Kini Punya Jurusan Jurnalistik Kategori Baik Sekali
Gedung Dekanat, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Halu Oleo Kendari. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

" Dalam hal ini dekan dan wakil dekan mensupport tim pembuat borang dan semua yang menyiapkan proses akreditasi. "

KENDARI, TELISIK.ID - Jurusan Jurnalistik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari sukses capai akreditasi kategori baik sekali dengan poin 363.

Ketua Jurusan (Kajur) Jurnalistik UHO, Marsia Sumule G mengatakan, untuk mencapai akreditasi kategori baik sekali membutuhkan waktu dan satu tim yang solid serta peranan dari pihak fakultas.

Dalam hal ini dekan dan wakil dekan mensupport tim pembuat borang dan semua yang menyiapkan proses akreditasi.

"Masih ada akreditasi yang lebih tinggi, namanya akreditasi unggul, sebenarnya itu yang menjadi target kami kemarin. Tetapi saya sudah sangat bersyukur karena lompatan kami benar-benar jauh dari akreditasi yang baik menjadi baik sekali," kata Marsia.

Akreditasi kali ini untuk Jurusan Jurnalistik yaitu 9 standar bukan lagi 7 standar seperti yang lalu. Maka secara otomatis tingkat kesulitan 9 standar jauh lebih sulit dari yang 7 standar.

Rekognisi dari dosen dan karya-karya serta aktivitas yang membangun tri dharma perguruan tinggi dari dosen sangat dibutuhkan untuk pengakuan akreditasi 9 standar.

Begitupun dengan mahasiswa sebagai pengguna dari kemampuan yang dimiliki oleh dosen dan berbagai pelayanan dari civitas akademika.

Baca juga: Sambut 9.787 Maba, Rektor UHO: Kuliah Langkah Awal Meniti Sukses

Baca juga: Siswa MAN 1 Baubau Raih Medali Emas Kategori Film Pendek FLS2N 2021

"Jadi mahasiswa dan dosen sangat berperan penting, bagaimana mereka saling berkolaborasi untuk menghasilkan produk-produk yang sesuai dengan bidang keilmuan Jurusan Jurnalistik," ucap Marsia.

Untuk diketahui, sertifikat dan surat keputusan (SK) akreditasi masih berproses, akan tetapi nilai dan akreditasi yang sudah keluar dinyatakan legal.

"Sertifikat dan SK masih berproses, kemungkinan beberapa hari ke depan akan kami terima," kata Marsia.

Lebih lanjut, Marsia Sumule juga mengatakan, setelah akreditasi, Jurusan Jurnalisik ingin mengadopsi program yang dicanangkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yaitu "Kampus Merdeka, Merdeka Belajar".

"Kami mau benar-benar bisa mengadopsi program kampus merdeka, merdeka belajar, dalam kurikulum jurnalistik yang salah satu ide dasarnya adalah bagaimana partisipasi mahasiswa di bawah koordinasi jurusan bisa memasuki pasar kerja dengan berbagai macam strategi salah satu contohnya adalah magang," ujar Marsia.

Sementara itu, salah satu mahasiswa Jurusan Jurnalistik, Helmina, mengaku bangga dengan usaha para dosen terutama ketua jurusan yang sudah berjuang untuk meningkatkan akreditasi menjadi lebih baik.

"Saya sangat bangga dengan usaha dosen-dosen terutama ketua Jurusan Jurnalistik yang pantang menyerah hadapi akreditasi," ujar Helmina. (B-Adv)

Reporter: Andi Irna Fitriani

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga