Sambut 9.787 Maba, Rektor UHO: Kuliah Langkah Awal Meniti Sukses

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Senin, 06 September 2021
0 dilihat
Sambut 9.787 Maba, Rektor UHO: Kuliah Langkah Awal Meniti Sukses
Perwakilan mahasiswa baru di setiap fakultas Universitas Halu Oleo Kendari. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

" Rektor UHO, Muhammad Zamrun Firihu mengatakan, untuk tahun ini kampus yang dipimpinnya telah menerima Maba sebanyak 9.787. "

KENDARI, TELISIK.ID - Penyambutan mahasiswa baru Universitas Halu Oleo (UHO) tahun 2021, kali ini dilaksanakan secara simbolik yang hanya diwakili 2 Mahasiswa Baru ( Maba) dari setiap fakultas, Senin (6/9/2021).

Rektor UHO, Muhammad Zamrun Firihu mengatakan, untuk tahun ini kampus yang dipimpinnya telah menerima Maba sebanyak 9.787. Sementara penyumbang Maba terbanyak yakni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dengan jumlah 1.949 orang.

"Biasanya penyambutan mahasiswa kami lakukan secara meriah dan besar-besaran di lapangan mini UHO, tapi karena situasi Pandemi jadi kita ambil perwakilan saja, jadi dua per fakultas, putra dan putri," kata Zamrun.

Persentase Maba untuk 2020 dan 2021 hampir sama. Hanya saja untuk 2021 ada tambahan beberapa prodi jadi jumlah Maba sedikit lebih banyak di tahun 2021.

Baca juga: Siswa MAN 1 Baubau Raih Medali Emas Kategori Film Pendek FLS2N 2021

Baca juga: Mengenal Pergerakan Lempeng Tektonik Bumi

Lebih lanjut, Zamrun menambahkan, menjadi mahasiswa adalah langkah awal untuk meniti kesuksesan, sehingga ia mengharapkan para mahasiswa agar kuliah sebaik mungkin.

"Saya berharap para mahasiswa bisa kuliah sebaik-baiknya, tidak harus masuk di pilihan utamanya, bisa saja yang diluluskan itu adalah jalan untuk sukses dia kedepannya. Di manapun fakultas dan apapun program studinya harus dijalani dengan baik karena rahasia dan janji Allah SWT kita tidak tau. Kita sebagai manusia hanya bisa berusaha," ungkap Zamrun.

Salah satu perwakilan Maba UHO, Clarista mengaku, sangat bangga dan senang bisa menjadi salah satu perwakilan penerimaan Maba secara simbolik karena UHO adalah kampus impiannya.

"Saya tidak bisa gambarkan dengan kata-kata. Intinya saya senang sekali dan saya berharap di sini saya bisa mengejar cita-cita, bisa membanggakan orang tua dan keluarga," Ujar Clarista.

Untuk diketahui, Pembelajaran Tatap Muka (PTM) UHO dimulai secara serentak di semua program studi sejak hari ini, Senin 06 September 2021. (B)

Reporter: Andi Irna Fitriani

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga